UMM Institutional Repository

PENYELESAIAN SENGKETA TANAH MENURUT HUKUM ADAT MBAY DHAWE DI KELURAHAN MBAY I KECAMATAN AESESA KABUPATEN NAGEKEO FLORES NUSA TENGGARA TIMUR (NTT)

NEMBO, ZUBAIDAH (2015) PENYELESAIAN SENGKETA TANAH MENURUT HUKUM ADAT MBAY DHAWE DI KELURAHAN MBAY I KECAMATAN AESESA KABUPATEN NAGEKEO FLORES NUSA TENGGARA TIMUR (NTT). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zubaidahne-39963-1-pendahul-n.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-zubaidahne-39963-2-babi.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Di Kelurahan Mbay I Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo Flores Nusa Tenggara Timur dalam menyelesaikan sengketa tanah ulayat masih banyak menggunakan lembaga di luar Pengadilan. Di Wilayah ini masih banyak tanah-tanah ulayat milik masyarakat hukum adat yang sering menimbulkan sengketa kepentingan ( interest conflict). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hal-hal yang menyebabkan terjadinya sengketa tanah ulayat di Kelurahan Mbay I Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo NTT. Peran hukum adat Mbay Dhawe dalam penyelesaian sengketa tanah dan hambatan-hambatan yang sering terjadi dalam penyelesaian sengketa tanah ulayat di Kelurahan Mbay I Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo flores NTT. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Dimana yang menjadi objek penelitian adalah masyarakat di Kelurahan Mbay I Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo yang pernah mengalami sengketa tanah yang kemudian diambil dengan cara nonrandom sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara,observasi dan dokumentasi. Data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer yang berupa peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan objek yang diteliti, bahan hukum sekunder yang berupa buku-buku hukum dan karya tulis ilmiah. Data yang diperoleh kemudian dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa hal-hal yang menyebabkan terjadinya sengketa tanah ulayat di Kelurahan Mbay I Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo NTT adalah batas tanah ulayat tidak jelas, adanya praktek ketidakadilan, adanya klaim dari kehilangan saksi dan pelaku sejarah, meningkatnya nilai tanah secara ekonomi, mempertahankan status sosial, pemahaman salah terhadap adat dan kurang sosialisasi. Peranan hukum adat penyelesaian sengketa tanah dalam menyelesaikan konflik sengketa tanah mempunyai posisi penting dalam hal melahirkan kesejahteraan masyarakat ulayat karena kedudukan hukum ini dianggap sangatlah sakral. Sedangkan hambatan yang sering terjadi dalam penyelesaian sengketa tanah ulayat melalui Kepala adat/Mosalaki adalah faktor internal yang disebabkan oleh saksi tidak mau menjadi saksi, ketidakjelasan batas tanah dan ketidakjelasan pemilik tanah. Faktor eksternal yang berasal dari pihak ketiga yang muncul pada saat musyawarah sengketa telah menemukan solusinya para pihak juga telah sepakat kemudian terdapat pihak lainnya mengajukan keberatan sehingga muncul masalah baru. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diketahui bahwa Peranan hukum adat penyelesaian sengketa tanah sangat berperan terhadap penyelesaian sengketa tanah-tanah ulayat karena hukum adat Mbay Dhawe dalam penyelesaian sengketa tanah dianggap sebagai suatu proses adat yang sakral antara masyarakat dalam menyelesaian sengketa tanah ulayat dan tempat bersandarnya anggota masyarakat adat untuk menyelesaikan masalahnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 03:22
Last Modified: 21 Mar 2016 03:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21052

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo