HUBUNGAN MOTIF MEMBACA DENGAN PREFERENSI RUBRIK­-RUBRIK MAJALAH HAI (Studi pada pelanggan wanita majalah HAI di Kota Malang)

Elma Wahyuningtyas, Winda (2010) HUBUNGAN MOTIF MEMBACA DENGAN PREFERENSI RUBRIK­-RUBRIK MAJALAH HAI (Studi pada pelanggan wanita majalah HAI di Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
HUBUNGAN_MOTIF_MEMBACA_DENGAN_PREFERENSI_RUBRIK.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Majalah merupakan salah satu media massa yang menjadi alat pembantu manusia dalam memenuhi dan melayani kebutuhan informasi. Sekalipun majalah telah menspesialisasikan produknya untuk menjangkau konsumen tertentu, hal ini berlaku mutlak bagi pembacanya. Tapi tidak sedikit wanita yang membaca majalah pria walaupun sudah ada majalah yang disediakan khusus untuk wanita. Karena dorongan rasa keingintahuan mereka terhadap suatu informasi. Dorongan inilah yang sering disebut motif, untuk itu perlu diketahui apakah terdapat hubungan antara motif membaca majalah remaja laki­laki dengan preferensinya terhadap rubrik­rubrik yang dibaca pada majalah HAI untuk pembaca remaja perempuan ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tinggi rendahnya motif apakah yang mendasari wanita pembaca majalah remaja laki­laki dengan tingkat preferensinya terhadap rubrik majalah HAI. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research, dengan 3 (tiga) variabel yaitu motif kognitif (X1), motif deversi (X2), identitas personal (X3) serta 1 (satu) variabel terikat yaitu preferensi rubrik­rubrik (Y). Penelitian ini dilakukan di wilayah Kota Malang (data diambil dari 4 distributor) dengan banyaknya sampel 76 orang. Teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling. Sumber data menggunakan data primer yaitu hasil kuesioner dan data berupa bahan dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi tata jenjang (rank difference correlation). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel bebas yang terdiri dari motif kognitif (X1), motif deversi (X2), identitas personal (X3) secara bersama­sama mempunyai hubungan dengan preferensi, hal ini ditunjukkan oleh nilai korelasi dengan r hitung 0,551 dibandingkan dengan nilai r tabel (0,05, 76) = 0,227 sehingga didapat bahwa r hitung > r tabel, maka terdapat hubungan yang signifikan. Dengan nilai korelasi sebesar 0,551 didapatkan bahwa hubungan antara motif membaca dengan preferensi rubrik majalah HAI termasuk dalam kategori yang cukup kuat karena berada pada interval 0,4 ­ 0,6. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel motif membaca yang paling dominan adalah subvariabel motif kogniitf dan yang paling terendah ada pada subvariabel motif deversi. Sedangkan jika dilihat dari preferensinya rubrik yang paling banyak disukai adalah rubrik ”HAI Kesehatan” ini disebabkan karena pembacanya yang mayoritas perempuan. Rubrik ini memberi kontribusi banyak dibanding dengan rubrik ”Sinopsis”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 12 Apr 2012 03:58
Last Modified: 12 Apr 2012 03:58
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/2101

Actions (login required)

View Item View Item