UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KAPASITAS JEMBATAN LALU LINTAS KENDARAAN TIPE RANGKA BERDASARKAN TINJAUAN KONDISI BEBAN EKSISTING DAN BEBAN PERENCANAAN JEMBATAN (Studi Kasus pada Jembatan Rangka Baja Soekarno-Hatta di Kota Malang)

ALI, ALI (2015) PENINGKATAN KAPASITAS JEMBATAN LALU LINTAS KENDARAAN TIPE RANGKA BERDASARKAN TINJAUAN KONDISI BEBAN EKSISTING DAN BEBAN PERENCANAAN JEMBATAN (Studi Kasus pada Jembatan Rangka Baja Soekarno-Hatta di Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
36a.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
36b.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Jembatan Soekarno Hatta dibangun pada tahun 1981 atau yang sudah berumur 34 tahun. Lokasinya yang strategis sebagai penghubung Blimbing – Dinoyo Kota Malang sekaligus jalur alternatif Kota Malang – Kota Batu. Peranan penting jembatan dalam hal ini yaitu fungsi dari jembatan itu sendiri. Adapun fungsi dari jembatan yaitu untuk menghubungkan dari daerah satu ke daerah yang lain atau menghubungkan dari pulau satu ke pulau yang lain. Studi kasus ini digunakan untuk mengetahui kondisi struktur pada saat ini dan yang akan datang. Maka perlu diketahui beban-beban yang bekerja pada struktur atas jembatan tersebut. Dalam menentukan profil yang digunakan dapat mengacu pada teori Load and Resistane Factor Design (LRFD). Persentase kenaikan beban arus lalulintas hingga 30% per tahun, dimana 4000 kend/jam melewati jembatan tersebut. Kemudian untuk pembebanan mengacu pada RSNI T-02-2005 tentang peraturan pembebanan untuk jembatan dan analisa struktur jembatan menggunakan program STAAD PRO untuk mengetahui gaya batang yang bekerja. Dari hasil analisa ini membuktikan bahwa jembatan Soekarno Hatta Kota Malang perlu adanya peningkatan kapasitas dibeberapa bagian jembatan antara lain pada gelagar melintang dan batang tepi atas pada gelagar induk beam no. 28 dan 29.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 07:41
Last Modified: 21 Mar 2016 07:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21006

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo