UMM Institutional Repository

STRATEGI PROMOTION MIX THEME PARK DALAM MENINGKATKAN WISATAWAN DOMESTIK ( STUDI PADA JATIM PARK 2 KOTA WISATA (BATU )

FIRMANA, FIRMANA (2015) STRATEGI PROMOTION MIX THEME PARK DALAM MENINGKATKAN WISATAWAN DOMESTIK ( STUDI PADA JATIM PARK 2 KOTA WISATA (BATU ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
s1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
s2.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Kota Batu merupakan kota tujuan wisata. Hal ini di tunjukan dengan keragaman objek wisata yang dimiliki serta banyaknya kegiatan wisata yang dilakukan di kota ini. Pada rangka memperkuat kesan nya sebagai kota wisata, pada tahun 2009 di bangun jatim park 2. Jatim park 2 merupakan objek wisata berbasis edukasi dimana pengunjung bisa berwisata sekaligus menambah ilmu pengetahuan atau dengan kata lain belajar sambil berwisata. Sebagai objek wisata yang masih tergolong baru maka jatim park 2 perlu mempromosikan dirinya yaitu melalui kegiatan komunikasi pemasaran yang terangkum dalam bauran komunikasi pemasaran seperti yang diungkapkan Philip Kotler antara lain : advertising, sales promotion, public relations, personal selling, dan direct marketing. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis/lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamati. Dalam memperoleh data digunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi serta studi pustaka. Penarikan sample menggunakan teknik purposive sampling, bukan mewakili populasinya tetapi untuk mewakili informasinya. Yang menjadi sample penelitian adalah Deny Rina Sari selaku Coordinator Marketing JTP2, Anggun D.C.S selaku Executive Marketing JTP2 dan Devina Arinta Putri selaku Admin Marketing JTP2. Pengembangan validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber yang memanfaatkan jenis sumber data yang berbeda-beda, untuk menggali data sejenis. Cara triangulasi ini dilakukan dengan menggali informasi dari satu narasumber tertentu, kondidi lokasinya, aktivitas yang menggambarkan prilaku, atau dari sumber yang berupa catatan atau arsip dan dokumen. Sedangkan untuk teknik analisa data menggunakan model analisis interaktif yang bergerak diantara 3 komponen data yaitu reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Pada waktu pengumpulan data, peneliti selalu membuat reduksi dan sajian data yaitu dengan membuat ringkasan dan catatan data yang di peroleh di lapangan kemudian merakitnya kedalam kalimat yang logis dan sistematis agar mudah di pahami. Pada waktu pengumpulan data berakhir, peneliti mulai melakukan usaha untuk menarik simplan dan verifikasi berdasarkan reduksi dan sajian data. Bila kesimpulan kurang mantap maka peneliti wajib melakukan kegiatan pengumpulan data kembali bagi pendalaman data. Hasil penelitian menunjukan bahwa divisi humas dan marketing jatim park 2 telah melakukan tugasnya dengan secara optimal meskipun belum maksimal. Penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan jatim park 2 untuk meningkatkan jumlah wisatawan domestik dalam berbagai kegiatan antara lain : berkerja sama dengan media massa baik cetak maupun elektronik, menyebarkan brosur, membuat spanduk dan baliho, berkerja sama dengan beberapa maskapai penerbangan, membuat website resmi jatim park 2 dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 07:40
Last Modified: 21 Mar 2016 07:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20995

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo