UMM Institutional Repository

ANALISIS KOMUNIKASI DALAM MEMPUBLIKASI OBYEK WISATA PANTAI LAWENA DI KOTA AMBON (Study Pada Humas Dinas Pariwisata Kota Ambon)

Ariyani, Gita Ardhila (2015) ANALISIS KOMUNIKASI DALAM MEMPUBLIKASI OBYEK WISATA PANTAI LAWENA DI KOTA AMBON (Study Pada Humas Dinas Pariwisata Kota Ambon). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
e1.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
e2.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Pentingnya komunikasi dalam komunikasi pariwisata adalah dalam proses pemasaran, yakni komunikator harus bijak dalam memasarkan produk wisata agar dapat menarik perhatian pelanggan untuk menggunakan produk wisata. Dalam melakukan kegiatan pemasaran, tentunya seorang komunikator akan menggunakan teknologi untuk melakukan kegiatan publikasi. Semakin detail informasi yang disampaikan Dinas Pariwisata Kota Ambon, maka calon pelanggan akan semakin tertarik untuk menggunakan jasa/berkunjung ke daerah wisata tersebut. Pentingnya komunikasi untuk komunikasi pariwisata adalah bagaimana seorang komunikator menggunakan teknik komunikasi yang efektif, sehingga pesan dapat tersampaikan dan ada feedback. Atas dasar tersebut penulis tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang upaya publikasi yang di lakukan oleh dinas pariwisata untuk meningkatkan pengunjung Wisata Pantai Lawena. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi, dimana tidak semua komunikasi bersifat dua arah, dengan suatu aliran yang lancar dan umpan balik yang terjadi antara pengirim dan penerima. Dengan demikian peningkatan kujungan pariwisata akan selalu bergerak ke arah yang positif sejauh pelaksanaan publikasi didasarkan atas perencanaan yang tepat, dalam memperhatikan aspek-aspek pendukung. Penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan di sini adalah analisis interaktif yaitu bagaimana cara kita menganalisis dan mengevaluasi pelaksanaan humas internal dan eksternal sebagai media untuk penyampaian informasi yang penting kepada publik, agar publik bisa mengerti dan memahami semua pariwisata di kota ambon sendiri, khususnya Wisata Pantai Lawena. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Pariwisata Kota Ambon sebagai komunikator dalam penyampaian pesan-pesan promosi kepada masyarakat tentang wisata, khususnya Wisata Pantai Lawena melalui berbagai media dan kegiatan, dimana melalui strategi ini efek yang diharapkan dari kegiatan tersebut adalah peningkatan angka kunjungan wisatawan di Wisata Pantai Lawena Kota Ambon. Komunikasi dalam mempublikasikan objek Wisata Pantai Lawena Kota Ambon adalah dengan mengadakan event-event hiburan baik itu festival Seni dan budaya serta pameran. Pertunjukkan ini menampilkan berbagai atraksi seni seperti tari Katreji, Dansa Tali, Musik Totobuang dan Kulit Kerang, serta paduan suara lagu-lagu daerah. Komunikan yang menjadi sasaran dari proses penyampaian memperkenalkan jasa-jasa dan produk yang ada di Wisata Pantai Lawena seluas mungkin. Target kunjungan turis lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, dimana tahun 2013 kemarin jumlah kunjungan turis 1737, sedang tahun ini meningkat cukup signifikan yaitu 101.805 pengunjung. Data tersebut menujukkan bahwa komunikasi untuk mempublikasikan wisata ini cukup berhasil, dimana event atau pameran yang diadakan sendiri oleh Dinas Pariwisata Kota Ambon senantiasa mengundang berbagai pihak yang terkait dengan industri pariwisata seperti pengusaha kerajinan dan makanan khas daerah, pengusaha resort dan travel, hotel, diving operator. Mengacu dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa komunikasi dalam mempublikasikan obyek Wisata Pantai Lawena di Kota Ambon yang dilakukan oleh Humas Dinas Pariwisata Kota Ambon adalah melalui brosur dan event-event hiburan, baik itu festival Seni dan budaya serta pameran. Komunikan yang menjadi sasaran dari proses penyampaian pesan tersebut, yaitu para calon-calon wisatawan baik lokal maupun luar. Data peningkatan pengunjung wisata dari tahun ke tahun menunjukkan bahwa komunikasi untuk mempublikasikan wisata ini cukup berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 07:38
Last Modified: 21 Mar 2016 07:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20956

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo