UMM Institutional Repository

AKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM MEMBANGUN LOYALITAS ANGGOTA ORGANISASI NAHDLATUL WATHAN (Studi Pada Pengurus Bidang Kaderisasi dan Organisasi)

Aulia Kharisma, Baiq Dwi (2015) AKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM MEMBANGUN LOYALITAS ANGGOTA ORGANISASI NAHDLATUL WATHAN (Studi Pada Pengurus Bidang Kaderisasi dan Organisasi). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
d1.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
d2.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh fenomena bahwa organisasi kemasyarakatan di Indonesia bersifat tidak mengikat dan setiap anggota organisasi melakukan kegiatan secara suka rela. Oleh karena itu pengurus dari setiap organisasi harus melakukan kegiatan komunikasi untuk membangun loyalitas anggotanya agar anggota memiliki kesetiaan kepada organisasi yang telah dipilihnya. Hal tersebut juga dilakukan organisasi Nahdlatul Wathan yang merupakan salah satu organisasi kemasyarakatan yang bergerak dibidang pendidikan, sosial, dan dakwah. Hal ini dilakukan agar organisasi ini tetap berkembang. Agar pesan dapat diterima dengan baik oleh anggota di butuhkan kegiatan komunikasi yang efektif dan efisien. Adanya aktivitas komunikasi akan menghasilkan konsistensi pesan yang lebih baik. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas komunikasi dalam membangun loyalitas anggota organisasi Nahdlatul Wathan di Anjani Lombok Timur. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informasi atau data yang berkaitan dengan aktivitas komunikasi Nahdlatul Wathan yang dibuat, dilaksanakan, dikumpulkan dan dideskripsikan berdasarkan ungkapan tiap subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus organisasi pada bidang kaderisasi dan organisasi yang berjumlah dua orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh ditampilkan dengan penyederhanaan menggunakan teknik Miles dan Huberman. Untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menggambarkan bahwa aktivitas komunikasi dalam membangun loyalitas anggota organisasi Nahdlatul Wathan dilakukan dengan memenuhi elemen-elemen komunikasi yang telah di rumuskan oleh Lasswel. Pengurus organisasi telah netapkan komunikator menetapkan beberapa kriteria salah satunya adalah merupakan anggota Nahdlatul Wathan. Pesan yang disampaikan adalah pesan-pesan yang berikaitan dengan organisasi Nahdlatul Wathan baik berupa kebijakan terbaru, pejuangan dan perkembangan organisasi. Target komunikasi adalah anggota Nahdlatul Wathan yang terdiri dari empat macamyaitu abituren, pecinta, anggota istimewa dan simpatisan. Media komunikasi yang dilakukan oleh pengurus organisasi adalah media yang dianggap sesuai dengan karakter dari anggota organisasi salah satu media yang digunakan adalah majelis taklim Nahdlatul Wathan. Peneliti menyimpulkan bahwa Organisasi Nahdlatul Wathan melakukan aktivitas komunikasi dengan memenuhi setiap unsur komunikasi dan memanfaatkan sumberdaya organisasi Nahdlatul Wathan yaitu dengan memberi perhatian dan melibatkan anggota dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan organisasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 07:38
Last Modified: 21 Mar 2016 07:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20954

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo