UMM Institutional Repository

i POLA KOMUNIKASI ORGANISASI AIESEC UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG DALAM MENGKOORDINASI ANGGOTA PADA SHOW YOUR COUNTRY (SYC) PROJECT 2014

PRATIWI, MERISA DIAN (2016) i POLA KOMUNIKASI ORGANISASI AIESEC UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG DALAM MENGKOORDINASI ANGGOTA PADA SHOW YOUR COUNTRY (SYC) PROJECT 2014. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
A1.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
A2.pdf

Download (46kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas ketertarikan dan rasa keingintahuan peneliti bahwa AIESEC Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah satu-satunya organisasi internasional di UMM yang terdiri dari beberapa mahasiswa yang berasal dari berbagai jurusan atau fakultas. Selain itu, AIESEC UMM tergolong baru lahir yakni pada 16 Juni 2012. Namun telah menyelenggarakan proyek besar pada bulan Juli-Agustus 2014 lalu. Proyek tersebut adalah Show Your Country (SYC) Project 2014 yang di dalamnya terdapat 7 (tujuh) macam kegiatan. Objek penelitian ini adalah AIESEC Universitas Muhammadiyah Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pola komunikasi organisasi AIESEC Universitas Muhammadiyah Malang dalam mengkoordinasi anggota pada SYC Project 2014. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah pengurus AIESEC UMM. Proses penentuan subjek penelitian menggunakan teknik sampel bertujuan (purposive sample) dengan menentukan kriteria subjek penelitian. Data diperoleh melalui observasi penuh, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif dan dasar penelitiannya adalah naturalistik. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif berdasarkan Miles da Huberman yakni mereduksi, menyajikan dan memverifikasi data. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakaan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pola komunikasi yang digunakan AIESEC UMM dalam mengkoordinasi anggota pada SYC Project 2014 adalah dengan menggunakan Organizing Committee President (OCP) SYC Project 2014 dan Organizing Committee Vice President (OCVP) SYC Project 2014 sebagai 2 (dua) orang sentral dalam mengirim informasi kepada anggota dan mendapatkan informasi dari anggota. Berdasarkan proses komunikasi tersebut, terbentuk pola komunikasi Y yang menempatkan 2 (dua) orang sentral sebgai pemimpin bagi individu yang lainnya. Selain itu, terdapat 5 (lima) peranan jaringan kerja diantaranya adalah (a) Manager Project 2013-2014 berperan sebagai opinion leader, (b) OCVP of Marketing and Communication berperan sebagai bridge, (c) Organizing Committee (OC) of Marketing and Communication berperan sebagai bridge, (d) OCVP of Marketing and Communication berperan sebagai bridge dan (e) OCP berperan sebagai liaison.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 07:38
Last Modified: 21 Mar 2016 07:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20947

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo