UMM Institutional Repository

UJI POTENSI BERBAGAI FORMULA BAKTERI ENDOFITIK SEBAGAI PUPUK HAYATI TIGA VARIETAS PADI (Oryza sativa) DI LAHAN KERING

DETALIYA, DETALIYA (2015) UJI POTENSI BERBAGAI FORMULA BAKTERI ENDOFITIK SEBAGAI PUPUK HAYATI TIGA VARIETAS PADI (Oryza sativa) DI LAHAN KERING. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-detaliya20-39476-1-pendahul-n.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-detaliya20-39476-2-bab1.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Ketahanan pangan yang paling banyak dianut oleh negara-negara di dunia adalah definisi versi Organisasi Pangan Dunia (FAO). Bertambahnya gizi buruk, kelaparan dan ketahanan pangan dunia harus bisa diatasi. Di Indonesia persoalan pangan telah menjadi isu utama saat ini terletak pada sektor pertanahan dari tahun 2005, diperkirakan terjadi alih fungsi lahan sawah beririgasi 42,40%. Masalah yang sering dihadapi kelompok tani adalah dampak negatif dari kualitas lingkungan seperti pencemaran air, tanah dan udara akibat penggunaan pupuk kimia yang berlebihan. Upaya peningkatan produksi padi salah satunya adalah melalui inovasi teknologi varietas unggul baru. Usaha lainnya, memanfaatkan bakteri yang hidup di dalam jaringan tumbuhan sebagai pupuk hayati dikenal dengan nama bakteri endofitik. Berdasarkan uraian di atas maka perlu dilakukan evaluasi tentang penggunaan varietas unggul serta pemanfaatan bakteri endofitik yang dapat meningkatkan produksi tanaman di lahan kering. Penelitian ini dilakukan di Desa Junwatu, Kecamatan Junrejo, Kota Batu dilaksanakan bulan Juni 2014 sampai dengan bulan Oktober 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aplikasi pemberian bakteri endofitik terhadap beberapa varietas tanaman padi di lahan kering. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) tersarang dengan 2 faktor. Faktor pertama varietas (V) trdiri dari tiga taraf yaitu varietas Cibogo, varietas Inpari 10, dan varietas Batu Tegi. Faktor kedua pemberian macam formula (M) terdiri dari empat taraf yaitu tanpa pemberian formula (kontrol), formula 1, formula 2 dan formula 3 masing-masing diulang 3 kali. Variabel yang diamati tinggi tanaman, jumlah anakan, jumlah daun, berat kering tajuk, berat kering akar, berat 1000 biji, berat gabah hampa, persentase gabah hampa, dan berat gabah kering panen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi varietas padi dengan pemberian macam formula tidak berpengaruh nyata dengan tinggi tanaman, jumlah anakan, jumlah daun, berat kering tajuk, berat kering akar, jumlah gabah per malai, persentase gabah hampa, dan berat 1000 biji. Tetapi, pengaruh nyata dengan jumlah malai pada 14 MST dan berat gabah kering panen. Potensi pertumbuhan terbaik terdapat pada varietas Batu tegi sebesar 106,59 cm. Potensi produksi tertinggi dan dapat bertahan dalam cekaman kekeringan adalah formula 1 dengan hasil berat kering 37,63 g per tanaman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agronomy
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 07:36
Last Modified: 21 Mar 2016 07:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20906

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo