UMM Institutional Repository

PENGARUH KONSENTRASI PUPUK KASCING CAIR TERHADAP DUA VARIETAS BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.)

Ulum, Nurul (2015) PENGARUH KONSENTRASI PUPUK KASCING CAIR TERHADAP DUA VARIETAS BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurululum2-39565-2-babi.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Kascing adalah tanah bekas pemeliharaan cacing yang merupakan produk samping dari budidaya cacing tanah yang berupa pupuk organik dan sangat cocok untuk tanaman. Kascing mengandung berbagai bahan yang dibutuhkan tanaman yaitu hormon seperti giberelin, sitokinin, dan auxin, serta mengandung unsur hara (N, P, K, Mg dan Ca) serta Azotobacter sp. yang merupakan bakteri penambat N non-siimbiotik dapat membantu memperkaya unsur N bagi tanaman. Dalam pemanfaatan kascing dapat berupa padat maupun cair. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk kascing cair dan menemukan kosentrasi yang terbaik pada dua varietas bawang merah. Penelitian ini dilakukan di Kebun Percobaan FPP UMM di Desa Tegal Gondo dengan ketinggian tempat ± 560 m dpl pada bulan Juni 2014 hingga Januari 2015. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok dengan dua faktor. Faktor pertama: varietas bawang merah (V) terdiri dari Biru Lancor (V1), Super Philip(V2). Faktor kedua: kosentrasi pupuk kascing cair (K) terdiri dari Kontrol (K0); 10 ml/ tanaman (K1); 20 ml/ tanaman (K2); 30 ml/ tanaman (K3); 40 ml/ tanaman (K4). Pengamatan meliputi kandungan unsur hara pada pupuk kascing cair dan pengamatan pada pertumbuhan tanaman bawang merah meliputi: Panjang tanaman, Jumlah daun, Jumlah umbi, Diameter umbi, Berat segar tanaman, Berat kering tanaman. Hasil penelitian menunjukkan antara varietas dan konsentrasi pupuk kascing cair berpengaruh nyata pada pengamatan panjang tanaman umur 25 hst dan berpengaruh sangat nyata umur 49 hst, berpengaruh sangat nyata pada pengamatan jumlah umbi umur 65 hst, berpengaruh sangat nyata pada pengamatan berat kering tanaman umur 65 hst. Varietas bawang merah yang memiliki hasil produksi yang baik adalah varietas Super Philips (V2). Konsentrasi 20 ml/ tanaman (K2) menunjukkan hasil produksi bawang merah yang lebih baik dibandingkan perlakuan yang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agronomy
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 07:36
Last Modified: 21 Mar 2016 07:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20904

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo