UMM Institutional Repository

DETOKSIFIKASI BUNGKIL BIJI JARAK PAGAR (Jatropha curcas L.) MELALUI FERMENTASI MENGGUNAKAN Aspergillus niger

NOPEMBERINI, MURNI PUTRI (2015) DETOKSIFIKASI BUNGKIL BIJI JARAK PAGAR (Jatropha curcas L.) MELALUI FERMENTASI MENGGUNAKAN Aspergillus niger. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
b1.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
b2.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Kenaikan harga kedelai saat ini berdampak terhadap peningkatan harga pakan komersial secara nyata. Salah satu alternatif untuk mengurangi penggunaan tepung kedelai yaitu memanfaatkan bahan pakan yang lain seperti Bungkil Biji Jarak Pagar (BBJP). Kandungan nutrien yang terkandung dalam BBJP menjadikan BBJP cukup potensial sebagai bahan pakan lokal pengganti sebagian tepung kedelai yang masih impor. Namun, bungkil biji jarak ini tidak lazim digunakan karena memiliki zat anti nutrisi diantaranya yaitu phorbol ester. Untuk antisipasi tersebut perlu dilakukan penelitian tentang detoksifikasi bungkil biji jarak pagar secara biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode detoksifikasi secara biologi melalui fermentasi menggunakan Aspergillus niger terhadap kandungan zat toksin dan nutrisi pada bungkil biji Jarak Pagar (Jatropha curcas L.) dan mengetahui lama waktu fermentasi pada bungkil biji Jarak Pagar (Jatropha curcas L.) yang memberikan hasil terbaik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli – Agustus 2014 bertempat di Laboratorium Pengembangan Bioteknologi dan Laboratorium Nutrisi, Universitas Muhammadiyah Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 3 perlakuan yaitu A (fermentasi 3 hari) B (fermentasi 5 hari) C (fermentasi 7 hari) dan masing-masing perlakuan diulang 3 kali. Biji jarak pagar yang digunakan sebanyak 1500 gram, difermentasi dengan Aspergillus niger dalam kantong plastik dengan masing-masing perlakuan 250 gram/kantong plastik. Fermentasi dilakukan sesuai dengan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa detoksifikasi bungkil biji jarak pagar melalui fermentasi menggunakan Aspergillus niger memberikan pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap serat kasar bungkil biji jarak pagar. Tetapi perlakuan ini tidak memberikan pengaruh yang nyata (P>0,05) terhadap protein kasar dan lemak kasar. Hasil pengukuran kadar phorbol ester fermentasi hari ketiga 0,6250µg/g, hari kelima 4,3481 µg/g dan hari ketujuh 2,1024 µg/g. Fermentasi A (fermentasi 3 hari) merupakan perlakuan yang terbaik dengan kadar phorbol ester yaitu 0,6250 µg/g.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 07:36
Last Modified: 21 Mar 2016 07:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20897

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo