UMM Institutional Repository

PENGARUH EKSTRAK BIJI SIRSAK (Annona muricata L.) TERHADAP MORTALITAS HAMA PENGGEREK BIJI KOPI (Hyphotenemus hampei F.) (Dikembangkan Sebagai Sumber Belajar Biologi Berupa Handout Materi Lingkungan dan Perubahannya untuk Pembelajaran Kelas X SMA)

SETYOWATI, TIARA DWI (2015) PENGARUH EKSTRAK BIJI SIRSAK (Annona muricata L.) TERHADAP MORTALITAS HAMA PENGGEREK BIJI KOPI (Hyphotenemus hampei F.) (Dikembangkan Sebagai Sumber Belajar Biologi Berupa Handout Materi Lingkungan dan Perubahannya untuk Pembelajaran Kelas X SMA). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
41a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
41b.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Tanaman sirsak (Annona muricata L.) menawarkan berbagai kandungan positif bagi manusia, mulai dari buah, daun, biji buah bahkan pohonnya. Biji dari sirsak mengandung racun dan dapat digunakan sebagai insektisida alami. Adanya kandungan senyawa aktif seperti senyawa annonain dan polifenol yang telah diketahui dapat menyebabakan aktifitas biologi yaitu menghambat makan dan merusak jaringan serangga. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi ekstrak biji sirsak (Annona muricata L.) dan mengetahui konsentrasi yang paling baik pengaruhnya terhadap mortalitas hama penggerek biji kopi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian True Experiment Design dan desain yang digunakan adalah The Posttest control Group Design yaitu penelitian dengan adanya perlakuan ulangan dan kontrol. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL),dengan enam perlakuan (0%, 1%, 1,5%, 2%, 2,5%, dan 3%) dan diulang sebanyak empat kali. Populasi dalam penelitian ini adalah hama penggerek biji kopi (Hypothenemus hampei F.) stadium imago serta biji sirsak. Sampel dalam penelitian ini adalah imago dari hama penggerek biji kopi (Hypothenemus hampei F.). data yang diperoleh dianalisis dengan Anava 1 faktor dan dilanjutkan uji Duncan dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh berbagai konsentrasi biji sirsak terhadap mortalitas hama penggerek biji kopi (Hypothenemus hampei F.). Hasil uji Duncan untuk jumlah mortalitas hama yang paling baik adalah pada konsentrasi 3%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 04:20
Last Modified: 21 Mar 2016 04:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20884

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo