UMM Institutional Repository

PENGARUH KONSENTRASI DAN LAMA PENCAMPURAN SARI BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi L.) TERHADAP PERUBAHAN MUTU MINYAK JELANTAH DARI PEDAGANG GORENGAN (Dikembangkan Menjadi Modul Pengelolaan Limbah untuk Pembelajaran Siswa Biologi Kelas X SMA)

KANDARI, ADELIA (2015) PENGARUH KONSENTRASI DAN LAMA PENCAMPURAN SARI BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi L.) TERHADAP PERUBAHAN MUTU MINYAK JELANTAH DARI PEDAGANG GORENGAN (Dikembangkan Menjadi Modul Pengelolaan Limbah untuk Pembelajaran Siswa Biologi Kelas X SMA). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
40a.pdf

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40b.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Pedagang gorengan cenderung menggunakan minyak jelantah, yaitu minyak goreng bekas tanpa pernah diganti dan hanya menambah sejumlah minyak goreng baru ke dalam minyak jelantah. Minyak jelantah untuk penggorengan dapat mengakibatkan timbulnya radikal bebas yang sangat berbahaya bagi kesehatan terutama timbulnya berbagai penyakit degeneratif. Guna menghilangkan radikal bebas, dapat digunakan sari belimbing wuluh yang mengandung senyawa aktif terpenoid dan vitamin A. Kedua senyawa tersebut merupakan antioksidan larut dalam minyak, sehingga dapat digunakan untuk mengabsorpsi radikal bebas yang terdapat dalam minyak jelantah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh berbagai konsentrasi dan lama pencampuran sari belimbing wuluh terhadap perubahan mutu minyak jelantah dari pedagang gorengan. Indikator perubahan mutu minyak jelantah dilihat dari bilangan asam, bilangan penyabunan, bilangan peroksida dan kadar FFA. Selain itu untuk mengembangkan hasil penelitian sebagai modul pengelolaan limbah kelas X SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian True Experimental Reaserch dan studi pengembangan. Rancangan yang digunakan adalah Factorial Design. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan faktor pertama konsentrasi (25% v/v, 35% v/v, dan 45% v/v) dan faktor kedua lama pencampuran (60 menit, 90 menit, dan 120 menit). Teknik analisis data yang digunakan adalah Anova dua faktor dan uji DuncanÂ’s 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai konsentrasi sari belimbing wuluh berpengaruh terhadap perubahan bilangan asam, bilangan penyabunan, bilangan peroksida, dan kadar FFA, sedangkan lama pencampuran sari belimbing wuluh berpengaruh terhadap perubahan bilangan asam, bilangan penyabunan, dan bilangan peroksida, akan tetapi tidak terdapat pengaruh terhadap perubahan kadar FFA. Interaksi antara konsentrasi dan lama pencampuran sari belimbing wuluh tidak mempengaruhi perubahan mutu minyak jelantah. Perlakuan terbaik pada penelitian ini adalah konsentrasi 45% dan lama pencampuran 120 menit. Hasil penelitian dapat dimanfaatkan sebagai modul materi pengelolaan limbah kelas X SMA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 04:20
Last Modified: 21 Mar 2016 04:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20883

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo