UMM Institutional Repository

KEANEKARAGAMAN JENIS POHON DAN BURUNG DIBEBERAPA AREAL HUTAN KOTA MALANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI

ISNAINI, RIZAL (2015) KEANEKARAGAMAN JENIS POHON DAN BURUNG DIBEBERAPA AREAL HUTAN KOTA MALANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
39a.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
39b.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Vegetasi hutan kota sangat di pengaruhi oleh komposisi pohon yang ditanam dalam areal hutan dan burung yang dimaksud dengan pohon adalah tumbuhan yang berkayu yang memiliki batang utama yang tegak menopang tajuk pohon, sedangkan burung adalah dalah hewan yang memiliki ciri khusus antara lain tubuhnya terbungkus bulu, memiliki dua pasang anggota alat gerak.Dalam ekosistem hutan kota akan ditemukan berbagai macam pohon yang akan menjadi suatu tatanan hutan kota yang kompleks dengan segala vegetasi yang ada di dalamnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian deskriptif Kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 14April – 5Mei 2015 dengan metode Jelajah. Penelitian dilakukan dengan tujuan menentukan jenis pohon dan burung, nilai kekayaan spesies jenis pohon dan burung, nilai indeks keanekaragaman jenis pohon dan burung serta nilai pemerataan jenis pohon. Pengambilan sampel vegetasi dilakukan dengan metode observasi dan pengambilan data burung dengan metode jelajah di hutan kota malang Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ditemukan 23 jenis Pohon dan 6 Ordo Burung terdiri dari Ordo Passeriformes, Columbiformes, Coraciformes, Apodiformes, Piciformes dan Cuculiformes. Pada vegetasi hutan kota nilai kekayan jenis tertinggi pada hutan kota jl.Jakarta yaitu 4,59 indeks keanekaragaman tertinggi pada hutan kota Velodroom yaitu 26,37 dan nilai kemerataan tertinggi pada hutan kota Velodroom yaitu 11,03. Sedangka nilai kekayaan jenis tertinggi pada pengamatan burung pada hutan kota Velodroom yaitu 2,44 Indeks keanekaragaman tertinggi pada hutan kota malabar yaitu 920,00 dan nilai kemerataan tertinggi pada hutan kota malabar yaitu 340,74. Keanekaragaman menunjukkan pola produktivitas ekosistem, tekanan pada ekosistem dan kestabilan ekosistem, sedangkan nilai kemerataan menunjukkan pola sebaran jenis yaitu merata atau tidak yang menjadi suatu lansekap hutan kota yang kompleks.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 04:20
Last Modified: 21 Mar 2016 04:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20882

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo