UMM Institutional Repository

EFEKTIFITAS KOEFISIEN NILAI NUTRISI SEBAGAI UJI STATUS PERAIRAN DENGAN SUMBER PENCEMAR LIMBAH DOMESTIK DI SUNGAI KOTA MOJOKERTO (Dimanfaatkan Sebagai Bahan Ajar Biologi SMA Kelas X)

AMBARWATI, ANJAR RIZKI (2015) EFEKTIFITAS KOEFISIEN NILAI NUTRISI SEBAGAI UJI STATUS PERAIRAN DENGAN SUMBER PENCEMAR LIMBAH DOMESTIK DI SUNGAI KOTA MOJOKERTO (Dimanfaatkan Sebagai Bahan Ajar Biologi SMA Kelas X). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
37a.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
37b.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Mojokerto merupakan kota dengan jumlah penduduk yang padat dimana, ekonominya sedang berkembang. Permasalahan mayarakat perkotaan adalah kekurangan pasokan air bersih yang diakibatkan pencemaran air khusunya air sungai. Sungai sebagai salah satu komponen lingkungan yang penting bagi kehidupan manusia. Seiring berkembangnya jaman, sungai mengalami pergeseran fungsi yang digunakan masyarakat sebagai media pembuangan sehingga terjadi masukan bahan pencemar. Lokasi penelitian berada ditengah kota Mojokerto. Sumber cemaran lokasi yang yang digunakan sebagai penelitian berasal dari limbah domestik (lokasi A) dan limbah industri (lokasi B). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status perairan sungai Kota Mojokerto melalui bioindikator koefisen nilai nutrisi ikan yang ditunjang dengan data pendukung berupa parameter fisika (suhu, TSS, dan TDS ) dan kimia (pH, BOD, COD) perairan. Pengambilan sampel ikan dilakukan pada empat titik dimasing-masing lokasi penelitian, dimana titik kedua sebagai sumber pencemar. Pengukuran koefisien nilai nutrisi ikan dihitung menggunakan rumus berat tubuh ikan (dalam gram) dikalikan 100 dibagi panjang tubuh ikan (dalam cm) pangkat 3. Penentuan tercemar atau tidaknya lokasi tersebut ditinjau dengan kategori ≥ 1,7 adalah tidak tercemar, 1,30 – 1,69 adalah tercemar, 0,90 – 1,29 adalah tercemar ringan, 0,50 – 0,89 adalah tercemar sedang, dan ≤ 0,49 adalah tercemar berat. Hasil perhitungan selanjutnya dilakukan uji beda (T-tes) indepentedent sampel T test. Penentuan status perairan dapat dilihat dari hasil perhitungan dan ditinjau menggunakan tabel. Hasil pengukuran koefisien nilai nutrisi dari kedua sungai didapatkan hasil dilokasi A pada titik ke satu (2,00) dan dua (1,80) tidak tercemar, sedangkan tiga (1,52) dan empat (1,62) berstatus tercemar. Lokasi B hasil pengukuran koefisien nilai nutrisi dari keempat titik (1,45; 1,35; 1,50; 1,45) sungai didapatkan hasil berstatus tercemar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 04:20
Last Modified: 21 Mar 2016 04:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20880

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo