UMM Institutional Repository

"PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI INSEKTISIDA NABATI ASAP CAIR (Liquid Smoke) TERHADAP MORTALITAS LALAT BUAH (Bactrocera spp) PADA BUAH JAMBU BIJI (Psidium guajava L) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI."

ASIAH, NELA (2015) "PENGARUH BERBAGAI KONSENTRASI INSEKTISIDA NABATI ASAP CAIR (Liquid Smoke) TERHADAP MORTALITAS LALAT BUAH (Bactrocera spp) PADA BUAH JAMBU BIJI (Psidium guajava L) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI.". Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
30a.pdf

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
30b.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Lalat buah (Bactrocera spp) merupakan hama yang sangat merugikan produksi buah-buahan dan sayuran. Sifat khas Bactrocera spp adalah meletakkan telurnya di dalam buah selanjutnya larva akan merusak daging buah sehingga buah menjadi busuk. Mayoritas petani sampai saat ini lebih memilih pestisida kimia. Namun, pestisida kimia dapat meruusak lingkungan. Asap cair berpotensi sebagai insektisida nabati untuk mengendalikan serangan hama lalat buah, senyawa fenol, asam, karbonil, merupakan senyawa pada asap cair berpotensi sebagai racun perut dan racun pernafasan sehingga dapat membunuh lalat buah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian berbagai konsentrasi insektisida nabati asap cair terhadap mortalitas Bactrocera spp pada Buah Psidium guajava L, dan untuk mengetahui konsentrasi asap cair yang dapat meningkatkan jumlah mortalitas Bactrocera spp pada buah Psidium guajava L. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Kimia Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 Juni - 8 Juli 2015. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bactrocera spp berjumlah 600 ekor yang di peroleh dari hasil pembiakan masal lalat buah di Laboratorium Kimia. Metode penelitian ini menggunakan (RAK) dengan 5 perlakuan dan 4 kali ulangan. Asap cair yang digunakan adalah asap cair tempurung kelapa dengan kandungan fenol sebesar 4,13%, asam sebesar 10,2%, dan karbonil sebesar 11,3%. Tingkat konsentrasi yang digunakan adalah konsentrasi 0%, 40%, 60%, 80%, 100%. Parameter yang diamati adalah jumlah mortalitas Bactrocera spp selama 2 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai konsentrasi insektisida nabati asap cair pada pengamatan 24 jam dan 48 jam setelah perlakuan , konsentrasi 100% mempengaruhi mortalitas lebih besar bila dibandingkan dengan konsentrassi 0% (kontrol), 40% dan 60%. Sedangkan antara pemberian konsentrasi 80% dan 100%, konsentrasi 100% adalah yang paling efektif dalam mempengaruhi mortalitas Bactrocera spp.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 04:20
Last Modified: 12 Feb 2018 08:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20873

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo