UMM Institutional Repository

ANALISIS TOTAL KOLIFORM DAN TOTAL MIKROBA DALAM JAMU GENDONG SELAMA PROSES PEMASARAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN MUTU PERILAKU SANITASI PEMBUATAN DAN PENJUALAN PRODUK ( Dikembangkan Menjadi Media Leaflet Materi "Peranan Bakteri" Untuk Siswa Biologi Kelas X SMA)

GUSDIAH, VISTA INTANIA (2016) ANALISIS TOTAL KOLIFORM DAN TOTAL MIKROBA DALAM JAMU GENDONG SELAMA PROSES PEMASARAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN MUTU PERILAKU SANITASI PEMBUATAN DAN PENJUALAN PRODUK ( Dikembangkan Menjadi Media Leaflet Materi "Peranan Bakteri" Untuk Siswa Biologi Kelas X SMA). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
26a.pdf

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
26b.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan total koliform dan total bakteri dalam jamu kunci sirih, mengetahui perbedaan jumlah total koliform dan total bakteri selama proses pemasaran, mengetahui batas optimal jamu gendong dapat dikonsumsi berdasarkan total koliform dan total mikroba selama proses pemasaran serta mengetahui hubungan antara mutu perilaku sanitasi pembuatan dan penjualan produk dengan total koliform dan total bakteri dalam jamu kunci sirih. Jenis penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu Tahap I adalah deskriptif analitik dengan pendekatan Ex-post Facto (Observasional) dengan melakukan observasi lapang dan pengisian lembar pernyataan instrumen pengukuran mutu perilaku sanitasi pembuatan dan penjualan dan Tahap II adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model Learning Cycle 3E. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Teknik Cluster Random Sampling. Teknik analisa data dengan menggunakan Anava satu jalan dan Korelasi Product Moment. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan jumlah total koliform dan total bakteri selama proses pemasaran. Total koliform berkisar antara 1 x 102 cfu/ml sampai 78 x 102 tidak memenuhi standar DEPKES RI tahun 1992 tentang total koliform pada jamu gendong cair < 3 koloni/ml. Total bakteri berkisar antara 2 x 104 sampai 85 x 104 tidak memenuhi Peraturan Menteri Kesehatan RI No:61/MENKES/SK/VII/1994 tentang persyaratan obat tradisional (cairan obat dalam), ALT (Angka Lempeng Total) tidak lebih dari 104. Analisis korelasi product moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara dua variabel sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin rendah mutu perilaku sanitasi pembuatan dan penjualan maka semakin tinggi total koliform dan total bakteri pada jamu gendong yang dibuat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 04:20
Last Modified: 29 Jan 2018 02:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20867

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo