UMM Institutional Repository

KEANEKARAGAMAN PHYTOPLANKTON DI SUNGAI GANDONG KABUPATEN MAGETAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI

WIDYAWATI, RENY (2016) KEANEKARAGAMAN PHYTOPLANKTON DI SUNGAI GANDONG KABUPATEN MAGETAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
22a.pdf

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text
22b.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Phytoplankton merupakan mikroorganisme yang hidup melayang di dalam air, memiliki klorofil dan berperan sebagai produsen dalam ekosistem perairan. Berbagai aktifitas warga disekitar sungai tersebut yang berlokasi di kecamatan Magetan ini mempengaruhi keanekaragaman Phytoplankton sehingga menyebabkan kehidupan organisme perairan lainnya juga terganggu. Tehnik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah sampel acak sederhana (Simple random sampling) dengan metode transek garis. Setiap stasiun ditarik transek garis sebanyak 1 kali. Setiap transek diambil 3 titik plot pada bagian tepi kanan, tepi kiri dan tengah. Pengulangan dilakukan sebayak tiga kali. Jarak antar stasiun adalah 1000 meter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan faktor fisika, kimia dan keanekaragaman phytoplankton serta hubungan antara faktor fisika dan kimia dengan keanekaragaman phytoplankton. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan faktor fisika pada stasiun 2 kurang baik terbukti dari hasil uji Total Suspendid Solid (TSS) melebihi baku mutu, kecepatan arus paling lambat, bau busuk limbah organik sangat menyengat, warna air sungai putih susu kehijauan serta penetrasi cahaya termasuk kategori keruh. Sedangkan keadaan kimia sungai gandong nitrat tertinggi terdapat pada stasiun 1, dan terendah pada stasiun 2. pH tertinggi stasiun 2, terendah stasiun 1. Keanekaragaman tertinggi berdasarkan indeks keanekaragaman Shannon-wiener adalah pada stasiun 1, terendah pada stasiun 3. Hasil pengamatan ditemukan 14 spesies. Hasil analisis korelasi pearson dengan bantuan Statistical Program for Social Science (SPSS) versi 21 menunjukkan bahwa suhu, Total suspendid Solid (TSS), pH, nitrat memiliki korelasi lemah, sedangkan kecepatan arus memiliki korelasi yang kuat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 04:19
Last Modified: 21 Mar 2016 04:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20863

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo