UMM Institutional Repository

Studi Etnobotani Tumbuhan Obat Dan Manfaatnya Disuku Marapu Kecamatan Loli Kabupaten Sumba Barat Sebagai Sumber Belajar Biologi.

Dewi, Anisa Hamidah Sari (2015) Studi Etnobotani Tumbuhan Obat Dan Manfaatnya Disuku Marapu Kecamatan Loli Kabupaten Sumba Barat Sebagai Sumber Belajar Biologi. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
17a.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17b.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Sejak zaman dahulu pengobatan dengan menggunakan tumbuhan obat merupakan bagian dari sistem budaya masyarakat yang potensi manfaat pengobatannya merupakan tradisi pengobatan yang diwariskan dari generasi ke generasi.Etnobotani merupakan ilmu yang mempelajari pemanfaatan tumbuhan secara tradisional oleh kelompok masyarakat tertentu.Tumbuhan obat merupakan bahan alami yang berasal dari tumbuhan-tumbuhan seperti akar, batang, daun, buah,bunga, biji yang mempunyai khasiat untuk menyembuhkan suatu penyakit tertentu. Upaya meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya generasi muda akan manfaat tumbuhan obat diperlukan adanya penelitian pemanfaatan tumbuhan obat dan hasil penelitiannya disusun dalam bentuk buku tentang pedoman pemanfaatan tumbuhan obat yang dapat dipakai oleh semua kalangan masyarakat sehingga dapat mengatasi masalah kesehatan dan pengobatan suatu penyakit. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif eksploratif yang bertujuan untuk menggambarkan secara cermat dan sistematis fakta,gejala, fenomena, opini dan sikap. Adapun metode yang digunakan adalah dengan teknik wawancara, bservasi dan pemotretan spesies tumbuhan yang didokumentasikan dimana bertujuan untuk menemukan permasalahn dan fakta tentang jenis tanaman obat yang dimanfaatkan oleh masyarakat suku Marapu Kecamatan Loli Kabupaten Sumba Barat. Berdasarkan hasil penelitian masyrakat suku Marapu mengetahui dengan baik jenis-jenis tumbuhan obat yang berada di daerah mereka dengan nama lokal.Adapun jenis tumbuhan obat yang dimanfaatkan masyarakat suku Marapu sebanyak 32 jenis tanaman obat.Masyarakat suku Marapu mengklasifikasikan penyakit menjadi 3 jenis, yaitu penyakit biasa, penyakit karena suwanggi (Magis) dan penyakit kutukan.Jenis pengobatan yang digunakan suku Marapu untuk mengobati suatu penyakit yaitu Pengobatan Medis, Pengobatan dengan obatobatan yang dibeli di pasar dan Pengobatan dengan menggunakan tumbuhan obat.Pada masyarakat suku Marapu mempunyai mitos bahwa seseorang yang mempunyai ilmu hitam apa bila menjelang ajalnya mengalami kesulitan maka sesepuh atau tabib suku tersebut mengambil air rendaman daun kelor dan dibacakan doa dibasuhkan pada seluruh badan untuk melepaskan kesaktiannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 04:19
Last Modified: 21 Mar 2016 04:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20858

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo