UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI INSEKTA DI TAMAN HUTAN RAYA R. SOERJO SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DALAM BENTUK BUKU SAKU

Andrini, Linata Rahma (2015) IDENTIFIKASI INSEKTA DI TAMAN HUTAN RAYA R. SOERJO SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI DALAM BENTUK BUKU SAKU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
8a.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8b.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Indonesia memiliki keanekaragaman jenis insekta yang tinggi, yaitu sekitar 250.000 jenis. Habitat insekta pada umumnya yaitu pohon-pohon dihutan, semak belukar, tanaman peneduh, dan bagian organ tanaman. Taman hutan Raya R.Soerjo merupakan kawasan pelestarian alam yang terletak dalam lima kabupaten, yaitu kabupaten Malang, Pasuruan, Mojokerto, Jombang, dan Kota Batu. Taman Hutan Raya R. Soerjo memiliki vegetasi hutan yang beragam dan suhu udara antara 21°C hingga 26°C, sehingga disana akan ditemukan berbagai jenis insekta. Sampai saat ini belum ada data publikasi tentang jenis-jenis insekta yang ada disana dan belum dilakukan penelitian untuk penggunaan sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis Insekta yang ditemukan, mengetahui jenis Insekta apa saja yang ditemukan, dan memanfaatkan hasil identifikasi insekta di Taman Hutan Raya R. Soerjo sebagai sumber belajar Biologi dalam bentuk buku saku. Penelitian ini dilakukan dengan metode jelajah dan hasilnya dianalisis secara deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Taman Hutan Raya R. Soerjo pada tanggal 31 Mei s/d 8 Juni 2014 dan identifikasi Insekta di Laboratorium Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Universitas Brawijaya pada tanggal 07 Agustus s/d 14 Agustus 2014. Populasi dari penelitian ini adalah semua jenis insekta yang ada di kawasan Taman Hutan Raya R. Soerjo. Sampel penelitian ini adalah insekta pterygota diurnal yang ditemukan pada jalur jelajah, yaitu pada blok Lemah bang hingga blok Sanggar yang berada di sebelah kanan kiri jalan raya Cangar-Batu pada Km 22 sampai dengan Km 25.Hasil penelitian diperoleh jenis Insekta pterygota diurnal yang diperoleh di Taman Hutan Raya R. Soerjo sebanyak 20 jenis yang termasuk dalam 7 ordo. Penggunaan jenis insekta di Taman Hutan Raya R. Soerjo sebagai sumber belajar Biologi dilakukan dengan cara menyusun buku saku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 04:17
Last Modified: 21 Mar 2016 04:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20849

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo