UMM Institutional Repository

Pengaruh Konsentrasi Asam Sitrat Terhadap Karakteristik Ekstrak Antosianin Daun Jati serta Uji Stabilitas dan Organoleptiknya dalam Es Krim (Dikembangkan sebagai Media Pembelajaran Macromedia Flash pada Materi Bahan Kimia dalam Kehidupan)

Hermawati, Yessi (2015) Pengaruh Konsentrasi Asam Sitrat Terhadap Karakteristik Ekstrak Antosianin Daun Jati serta Uji Stabilitas dan Organoleptiknya dalam Es Krim (Dikembangkan sebagai Media Pembelajaran Macromedia Flash pada Materi Bahan Kimia dalam Kehidupan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
4a.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4b.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Daun jati telah lama digunakan sebagai pewarna alami penghasil warna merah, namun masih jarang digunakan karena proses ekstraksi yang terlalu rumit dan kebanyakan tidak stabil pada makanan. Antosianin yang terkandug pada daun jati mudah larut dalam pelarut polar. Pelarut polar seperti air tidak dapat menstabilkan antosianin karena antosianin stabil pada kondisi asam. Penggunaan asam anorganik untuk menurunkan pH pigmen kurang aman karena residu yang tinggalkan berbahaya bagi kesehatan. Penggunaan asam organik lemah seperti asam sitrat lebih aman karena tidak menimbulkan efek negatif bagi tubuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan asam sitrat terhadap karakteristik ekstrak antosianin daun jati serta uji stabilitas warna merah dan organoleptiknya dalam es krim sebagai media pembelajaran Macromedia Flash. Penelitian dibagi menjadi 3 tahap, penelitian tahap I adalah esktraksi antosianin daun jati dengan berbagai konsentrasi asam sitrat, tahap II adalah uji stabilitas antosianin terbaik serta uji organoleptik dalam es krim, tahap III adalah studi pengembangan hasil penelitian menjadi media Macromedia Flash. Jenis penelitian tahap I dan II adalah True Experimental Research dengan desain penelitian The Posttest-Only Control Group Design 1 faktor. Penelitian tahap III adalah studi pengembangan.Rancangan penelitian I dan II menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola non faktorial. Konsentrasi Asam sitrat (0%, 6%, 8%, 10%, 12% dan 14%) dan konsentrasi antosianin terbaik (0%, 1%, 2% dan 3%). Data (I) berupa kadar, rendemen, pH dan intensitas warna antosianin. Data (II) berupa pH, intensitas warna dan organoleptik es krim. Teknik Analisis data yang digunakan pada kedua penelitian adalahAnalisis Varian1 Faktor dan Uji Beda Jarak Nyata Duncan (BJND) 5%. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh konsentrasi asam sitrat terhadap karakteristik ekstrak antosianin serta penambahan konsentrasi antosianin daun jati terbaik mempengaruhi stabilitas warna merah dan organoleptik es krim. Penambahan 14% asam sitrat menghasilkan pigmen dengan kadar 443,36 mg/L, rendemen 62,22%, pH 2,43, kecerahan 35,10, Intensitas warna merah 52,84 dan intensitas warna kuning 18,51. Penambahan 3% antosianin terbaik menghasilkan es krim antosianin dengan pH 3.92, kecerahan 55,08, intensitas warna merah 45,13, intensitas warna kuning 19,58 dan cenderung disukai panelis. Hasil penelitian ini dapat dijadikan media pembelajaran Macromedia Flash.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 04:17
Last Modified: 21 Mar 2016 04:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20845

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo