UMM Institutional Repository

KOMPARASI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT WILAYAH PRIGEN SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA KAWASAN WISATA TAMAN SAFARI INDONESIA II (Studi Kasus di Desa Jatiarjo, Kec.Prigen, Kab. Pasuruan, Jawa Timur)

NOVITASARI, DEWI (2015) KOMPARASI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT WILAYAH PRIGEN SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA KAWASAN WISATA TAMAN SAFARI INDONESIA II (Studi Kasus di Desa Jatiarjo, Kec.Prigen, Kab. Pasuruan, Jawa Timur). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
z3.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
z4.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Pariwisata dianggap sebagai salah satu sektor pembangunan yang dapat memacu pertumbuhan ekonomi suatu wilayah dan juga dianggap sebagai aset strategis untuk mendorong pembangunan khususnya pada wilayah-wilayah yang memiliki potensi objek wisata. Sektor pariwisata semakin berperan dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Berkembangnya pariwisata Taman Safari Indonesia kemudian banyak memberikan dampak bagi masyarakat sekitar baik itu dampak positif maupun negatif selain itu kegiatan pariwisata juga berpengaruh pada aspek ekonomi yaitu terbukanya lapangan kerja secara langsung dan lapangan kerja tidak langsung di dalam kawasan. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Mengetahui sikap masyarakat terhadap keberadaan Taman Safari Indonesia II. 2) Menganalisis perbedaan kesejahteraan masyarakat Wilayah Prigen sebelum dan sesudah adanya pembangunan beserta aktivitas wisata. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) di Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara kebetulan, diartikan bahwa siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sebagai sampel, bila dipandang kriteria orang tersebut cocok sebagai sumber data atau responden. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancana, kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis validitas dan reliabilitas untuk mengukur sikap masyarakat terhadap keberadaan Taman Safari Indonesia II dan analisis komparasi untuk membandingkan kesejahteraan masyarakat sebelum dan sesudah adanya Taman Safari Indonesia II. Alat analisis yang digunakan yaitu alat uji SPSS. Hasil penelitian yaitu diketahui kesejahteraan masyarakat Desa Jatiarjo meningkat. Hal ini diketahui berdasarkan meningkatnya nilai rata-rata dari setiap aspek kesejahteraan yang diteliti. Adanya pembangunan atau terbukanya akses mengakibatkan perubahan sosial terjadi secara alami, dimana masyarakat berbondong-bondong memperbaiki sekaligus meningkatkan keadaannya menjadi lebih baik. Penelitian sikap masyarakat terhadap keberadaan Wisata TSI II diketahui positif, hal ini berdasarkan hasil penjumlahan skor butir dari jawaban yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Postgraduate > Master of Agribusiness (54101)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 04:10
Last Modified: 21 Mar 2016 04:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20729

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo