UMM Institutional Repository

ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI SOSIAL SEBAGAI BENTUK TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CSR) (Studi Kasus Pada PT Kebon Agung Malang)

ARIANI, DEVI NOVITA (2015) ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI SOSIAL SEBAGAI BENTUK TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CSR) (Studi Kasus Pada PT Kebon Agung Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
f1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
f2.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), menganalisis pengukuran, pengungkapan, pengakuan dan penyajian biaya sosial yang timbul dalam laporan keuangan PT Kebon Agung Malang. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan wawancara dalam memperoleh data dan informasi untuk di analisis. Data yang digunakan adalah data yang terkait aktivitas sosial perusahaan yang tercantum dalam laporan keuangan perusahaan pada tahun 2013. Berdasarkan hasil analisis aktivitas sosial PT Kebon Agung terbagi menjadi tiga yaitu karyawan, masyarakat dan lingkungan. Pengukuran biaya sosial terhadap lingkungan menggunakan metode Opportunity Cost Approach sedangkan masyarakat dan lingkungan menggunakan Historical Cost Method. Pengakuan biaya sosial terhadap karyawan diakui sebagai akun penambah gaji/upah sedangkan untuk penghargaan karyawan perusahaan membuatkan akun tersendiri dalam biaya operasional. Biaya sosial terhadap masyarakat diakui sebagi biaya administrasi dan umum. Biaya sosial terhadap lingkungan diakui sebagai bahan lain dan perbaikan/pemeliharaan. Semua biaya sosial dilaporkan pada laporan laba rugi. Pengungkapan aktivitas sosial dan biaya sosial kurang terinci dalam laporan tahun perusahaan. PT Kebon Agung ini telah mengakui dan melakukan aktivitas sosialnya akan tetapi perusahaan ini belum belum melakukan pemisahan laporan atas biaya yang dikeluarkan, baik itu kepada karyawan, masyarakat, maupun lingkungan. Sehingga informasi mengenai aktivitas sosial yang telah dilakukan dan biaya yang ditimbulkan tidak dapat diketahui oleh para pemakai (stakeholders). Model penyajian akuntansi sosial yang dapat digunakan yang sesuai dengan perusahaan adalah model Outlay Cost Approach.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 04:09
Last Modified: 21 Mar 2016 04:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20703

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo