UMM Institutional Repository

PENILAIAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN MARKET VALUE ADDED (MVA) (Studi pada PT. Aneka Tambang Tbk, PT. Timah Tbk, dan PT. Tambang Batubara Bukit Asam Tbk)

Kamelia, HaiÂ’at (2015) PENILAIAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN MARKET VALUE ADDED (MVA) (Studi pada PT. Aneka Tambang Tbk, PT. Timah Tbk, dan PT. Tambang Batubara Bukit Asam Tbk). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
k1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
k2.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui kinerja keuangan PT. Aneka Tambang Tbk, PT. Timah Tbk, dan PT. Tambang Batubara Bukit Asam Tbk dari tahun 2011 sampai tahun 2013 dan memberikan peringkat masing-masing perusahaan. Jenis penelitian studi deskriptif dan menggunakan metode analisis Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA). Hasil terlihat bahwa nilai EVA dan MVA yang dihasilkan tiga perusahaan selama tiga tahun yaitu 2011, 2012, dan 2013 mengalami penurunan. Penurunan nilai EVA dipengaruhi oleh peningkatan nilai biaya tertimbang tiap tahunnya yang disebabkan oleh peningkatan biaya modal rata-rata tertimbang perusahaan. Dimana terjadi penurunan tingkat komposisi utang dan modal perusahaan, kemudian biaya modal utang dan biaya modal ekuitas perusahaan selama tiga tahun mengalami peningkatan. Perubahan nilai laba bersih setelah pajak juga mempengaruhi saham perusahaan di pasar, perubahan harga pasar ini juga akan mempengaruhi perubahan nilai pasar dari saham itu sendiri dan akan berdampak pada besarnya nilai tambah pasar (MVA) yang akan dihasilkan oleh perusahaan. dengan demikian dapat dikatakan bahwa laba bersih setelah pajak merupakan salah satu indikator dalam menilai kinerja keuangan perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 21 Mar 2016 04:01
Last Modified: 21 Mar 2016 04:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20661

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo