UMM Institutional Repository

RESPON PETERNAK TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PAKAN KOMPLIT SAPI POTONG DI KABUPATEN MALANG

SETIAWAN, ADITYA PUTRA (2015) RESPON PETERNAK TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PAKAN KOMPLIT SAPI POTONG DI KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
d1.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
d2.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Respon Peternak Terhadap Strategi Pemasaran Pakan Komplit Di Kabupaten Malang, di desa Tegal Weru, Petungsewu Kecamatan Dau, dan desa Sawahan Kecamatan Turen Kabupaten Malang (Aditya Putra Setiawan, Pembimbing : Dr. Ir. Sutawi, MP dan Ir. Tedjo Budi Wijono, MP 2015). Skripsi disusun berdasarkan serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan pada bulan September hingga bulan Oktober 2014 , di desa Tegal Weru, Petungsewu Kecamatan Dau, dan desa Sawahan Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Respon Peternak Terhadap Strategi Pemasaran Pakan Komplit Sapi Potong Di Kabupaten Malang bertujuan untuk mengkaji perilaku peternak sapi potong terhadap pakan komplit, untuk menyediakan ransum untuk ternak sapi secara komplit dan praktis dengan pemenuhan nilai nutrisi yang tercukupi untuk kebutuhan ternak serta dapat ditujukan pada perbaikan sistem pemberian pakan. Materi yang digunakan adalah sapi potong yang ada di desa Tegal Weru, Petung sewu Kecamatan Dau, dan desa Sawahan Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Pengambilan jumlah sampel sebanyak 30 peternak sapi potong ini juga memiliki ketentuan kepemilikan sapi potong yaitu sebanyak lebih dari 5 ekor. Metode yang dilakukan adalah dengan pengamatan dan mengikuti kegiatan yang dilakukan di peternakan untuk mendapatkan data primer dan data sekunder. Peternak diberikan sebuah pertanyaan dan tanggapan mengenai pakan komplit tersebut melingkupi beberapa poin mengenai produk, harga, tempat, promosi dan SWOT dari jawaban peternak tersebut kemudian melakukan perhitungan terhadap pendapat mereka kemudian melakukan perhitungan terhadap jawaban mereka. Analisis SWOT memperlihatkan bahwa kondisi pakan komplit berada pada kuadran empat posisi ini menandakan sebuah organisasi yang lemah dan menghadapi tantangan besar. Rekomendasi strategi yang diberikan adalah strategi bertahan. Langkah yang harus dilakukan adalah ternak yang diberi pakan komplit diberikan waktu untuk adaptasi dan mengenalkan pakan komplit ini kepada peternak. Peternak Indonesia masih sulit merubah kebiasaan tergantung pada pakan segar,sehingga pakan komplit dapat menjadi salah satu pilihan. Kesimpulan yang dapat diambil peternak menyambut baik akan pakan komplit, peternak menginginkan harga yang terjangkau bagi mereka, Peternak merasa senang jika melakukan sosialisasi pakan komplit secara langsung kepada peternak. Penulis menyarankan memberikan komposisi bahan pakan pada pakan komplit, kemudian dalam menggiling pakan komplit lebih halus dan agar sisa sisa plastik tidak tercampur dalam pakan komplit, Melakukan demoplot kepada peternak mengenai pakan komplit sehingga analisis SWOT dapat mengarah ke kuadran positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Animal Husbandry (54231)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 19 Mar 2016 03:38
Last Modified: 19 Mar 2016 03:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20538

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo