UMM Institutional Repository

PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN SAYUR ORGANIK DI KURNIA KITRI AYU FARM SUKUN-MALANG

QURAINI, AINUN (2015) PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN SAYUR ORGANIK DI KURNIA KITRI AYU FARM SUKUN-MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
b1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
b2.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Preferensi konsumen dapat didefinisikan, sebagai pilihan suka atau tidak suka oleh seseorang terhadap produk (barang atau jasa) yang dikonsumsi. Pilihan konsumen menunjukkan kesukaan konsumen dari berbagai pilihan produk yang ada. Dengan mengkaji preferensi konsumen, dapat diketahui selera dan kesukaan konsumen dalam pemilihan kriteria sayur organik seperti apa yang diinginkan oleh konsumen. Kriteria produk yang dipasarkan oleh Kurnia Kitri Ayu Farm antara lain: sesuai dengan kebutuhan pasar, panen muda (baby) umur 15 hari, besar batang sesuai dengan jenis sayuran rata-rata ½ cm, daun yang telah tua, kuning, dan rusak harus dihilangkan. Supaya terhindar dari hama dan penyakit, panen dengan akar yang bersih dari kotoran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap sayur organik di Kurnia Kitri Ayu Farm (KKAF) Sukun-Malang. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor dominan yang berperan dalam preferensi konsumen terhadap sayur organik di Kurnia Kitri Ayu Farm. Data yang digunakan adalah data primer. Analisis yang digunakan adalah analisis faktor konfirmatori Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa faktor yang menjadi preferensi konsumen terhadap pembelian sayur organik di KKAF Sukun-Malang adalah faktor produk meliputi merek, kualitas dan kemasan. Faktor selanjutnya yaitu harga meliputi harga sebanding dengan kualitas, harga lebih murah dan harga terjangkau. Faktor-faktor dominan yang berperan dalam preferensi konsumen terhadap sayur organik meliputi variabel merek, variabel kualitas, dan variabel kemasan. Produk memiliki peran penting untuk pertimbangan konsumen dalam membeli sayur organik di KKAF. Kualitas yang terjamin, merek terpercaya dan kemasan yang menarik menjadi daya tarik bagi konsumen. Harga produk yang dipasarkan memiliki nilai yang lebih murah dengan produk lain, namun memiliki kualitas yang lebih baik. Walau demikian, perusahaan harus tetap mengembangkan sumberdaya yang dimiliki agar usaha dapat terus bertahan, seperti menambah banyak produksi, menambah karyawan yang bersertifikasi dan menambah jaringan promosi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Food Technology (41203)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 19 Mar 2016 03:37
Last Modified: 19 Mar 2016 03:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20531

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo