UMM Institutional Repository

PERAMALAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FLUKTUASI HARGA BAWANG MERAH DI KABUPATEN NGANJUK

PERTIWI, KIKI ARIK DIAN (2015) PERAMALAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FLUKTUASI HARGA BAWANG MERAH DI KABUPATEN NGANJUK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kikiarikdi-40885-1-pendahul-n.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kikiarikdi-40885-2-babi.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Fluktuasi harga adalah gejala yang menunjukan turun-naiknya harga. Bawang merah merupakan salah satu komoditas hortikultura yang memiliki masalah yang cukup menarik yaitu fluktuasi harga. Harga komoditas bawang merah yang berfluktuasi merupakan salah satu indikator adanya risiko yang menyebabkan terjadinya kerugian yang harus ditanggung oleh pihak-pihak yang berkepentingan terhadap komoditas tersebut. Oleh karena itu, untuk mengurangi risiko ketidakpastian harga bawang merah tersebut, maka diperlukan suatu peramalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fluktuasi, peramalan harga bawang merah dan untuk mengidentifikasi faktor–faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga bawang merah di Kabupaten Nganjuk. Lokasi penelitian dipilih secara purposive yaitu di Kabupaten Nganjuk. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang didapatkan dari instansi terkait. Metode analisis data yang digunakan adalah metode time series untuk meramalkan harga bawang merah, serta menggunakan regresi linier berganda untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga bawang merah di Kabupaten Nganjuk. Hasil penelitian menunjukkan peramalan harga bawang merah Kabupaten Nganjuk berdasarkan bulanan periode Maret 2015 – Februari 2016 berfluktuatif dan memiliki pola tren meningkat. Metode peramalan yang paling sesuai untuk meramalkan harga bawang merah di Kabupaten Nganjuk adalah metode peramalan Exponential Smoothing dengan α = 0.9, karena didapatkan nilai MSE, MAD, dan MAPE yang paling kecil dari metode yang lain. Faktor-faktor yang berpengaruh nyata terhadap harga bawang merah adalah harga bawang merah pada bulan sebelumnya, dan harga pupuk. Sedangkan curah hujan, dummy hari besar keagamaan, dan produksi bawang merah Brebes tidak berpengaruh nyata terhadap harga bawang merah Kabupaten Nganjuk.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 19 Mar 2016 03:23
Last Modified: 19 Mar 2016 03:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20515

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo