UMM Institutional Repository

ANALISIS USAHATANI DAN PEMASARAN CABE BESAR (Capsicum annuum L.) DI DESA SARONGAN KECAMATAN PESANGGARAN KABUPATEN BANYUWANGIh =

Masruroh, Anifatul (2015) ANALISIS USAHATANI DAN PEMASARAN CABE BESAR (Capsicum annuum L.) DI DESA SARONGAN KECAMATAN PESANGGARAN KABUPATEN BANYUWANGIh =. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anifatulma-40887-1-pendahul-n.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anifatulma-40887-2-babi.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini addalah: (1) menganalisis pendapatan petani Cabai besar, (2) Menganalisis pola saluran pemasaran Cabai besar, (3) Menganalisis efisiensi pemasaran Cabai besar melalui lembaga- lembaga pemaran yang terkait, Farmer’s Share dan Marjin pemasarannya. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan survai, penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive) di desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwang, jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Penentuan sampel dilakukan dengan cara (Simple Random Sampling), dengan jumlah populasi sebanyak 135 petani cabai besar dan jumlah sampel sebanyak 41 petani Cabai besar. Metode pengambilan data dengan cara observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data secara kualitatif dan kuantitatif dan anlisis pendapatan usahatani, analisis lembaga dan saluran pemasaran, farmer’s Share dan marjin pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pendapatan usahatani rata – rata dalam satu hektarnya sebesar Rp 70.544.43, total biaya per hektar dalam satu musim sebesar Rp 40.230.350 dan penerimaan yang diperoleh sebesar Rp 110.677.220 dengan R/C ratio sebesar 2,75 > 1 dan dikatakan usahtani cabai besar layak dan efisien untuk dijalankan. BEP harga yang dihasilkan sebesar Rp 7.415. Marjin pemasaran yang diperoleh dari penelitian ini sebesar Rp 1000, Sedangkan untuk lembaga pemasarannya hanya ada dua lembaga pemasaran yaitu pengepul dan pedagang besar. Dan keuntungan disetiap lembaga pemasaran sebesar 32,5 % untuk Pengepul dan 37,9 % untuk pedagang besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 19 Mar 2016 03:19
Last Modified: 19 Mar 2016 03:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20511

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo