UMM Institutional Repository

KAJIAN SOSIAL EKONOMI PENERAPAN PENANAMAN BUD CHIPS PETANI TEBU (Studi Kasus Petani Mitra Pabrik Gula Ngadiredjo Kediri Jawa Timur)

KURNIAWATI, YESSYCA (2015) KAJIAN SOSIAL EKONOMI PENERAPAN PENANAMAN BUD CHIPS PETANI TEBU (Studi Kasus Petani Mitra Pabrik Gula Ngadiredjo Kediri Jawa Timur). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yessycakur-40456-1-kajians-u.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yessycakur-40456-2-babi.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Pertanian mempunyai peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi di suatu negara. Salah satu komoditas strategis sektor pertanian adalah tebu. Produk utama yang dihasilkan dari proses penggilingan adalah gula kristal putih sedangkan produk sampingnya adalah ampas, blotong, dan tetes. Konsumsi gula nasional mengalami pengembangan yang sangat pesat baik dalam skala rumah tangga maupun industri makanan dan minuman pada dekade terakhir. Akan tetapi, produksi gula dalam negeri belum mampu mencukupi konsumsi gula di dalam negeri. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah memperbaiki dari sisi on-farm yaitu pada kualitas bibit yang digunakan. Oleh karena itu, bibit bud chips merupakan salah satu teknologi baru untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui keadaan sosial petani yang yang menggunakan bibit bud chips dilihat dari umur, pendidikan (formal dan nonformal), dan luas lahan; (2) mengetahui keadaan ekonomi petani yang menggunakan bibit bud chips dilihat dari luas lahan dan pendapatan (3) mengetahui proses adopsi penggunaan bibit bud chips dalam usahatani tebu; (4) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan Hasil dari analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa keadaan sosial petani yang menggunakan bibit bud chips berada pada usia produktif. Pendidikan formal yang paling banyak ditempuh oleh responden adalah SMP sedangkan nonformal yang ditempuh oleh responden adalah penyuluhan. Rata-rata luas lahan yang ditanami tebu dengan bibit bud chips diatas 0,5 ha hal ini menunjukkan bahwa petani sudah berada pada taraf sejahtera. Pendapatan yang diterima oleh petani pada tahun 2010 sebesar Rp 36.413.228,00/ha. Proses adopsi penggunan bibit bud chips dimulai pada tahap sadar, minat, menilai, dan kemudian mengadopsi. Berdasarkan analisis secara simultan, keempat variabel bebas (bibit, pupuk, tenaga kerja, dan umur) berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan. Sedangkan secara parsial pupuk dan tenaga kerja berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agronomy
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 19 Mar 2016 03:11
Last Modified: 19 Mar 2016 03:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20505

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo