UMM Institutional Repository

ANALISIS USAHATANI KENTANG (Solanum tuberosum L.) (Di Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu)

Pramono, Bagus Hendro (2015) ANALISIS USAHATANI KENTANG (Solanum tuberosum L.) (Di Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bagushendr-39475-1-pendahul-n.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-bagushendr-39475-2-babi.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Kentang adalah salah satu produk hortikultura yang digolongkan ke dalam jenis sayur-sayuran. Sayuran dibutuhkan oleh tubuh manusia sebagai sumber energi pertumbuhan dan kesehatan. Jika kebutuhan akan sayuran dapat dipenuhi dalam jumlah yang tepat, maka akan dapat meningkatkan dayatahan tubuh terhadap berbagai macam penyakit. Selain itu juga dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja, sehingga kualitas hidup akan meningkat (Samadi, 1997). Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisis produksi usahatani kentang yang dikembangkan di Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Menganilisis tingkat pendapatan usahatani kentang di Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara langsung dengan petani kentang dan gapoktan dengan menggunakan daftar pertanyaan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Sedangkan data sekunder diperoleh dari lembaga – lembaga dan instansi yang terkait misalnya Kantor Kepala Desa, Pusat Informasi Pasar. Batu dan Dinas Pertanian & Perkebunan Kota Batu. Data sekunder ini juga diperoleh dari studi literatur, serta hasil – hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh suatu instansi atau lembaga yang berkaitan dengan penelitian yang dilaksanakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa potensi produksi dan produktivitas usahatani ketang didesa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji kota Batu dalam 1 hektar dapat dikembangkan dalam pertahunnya, hal ini terjadi peningkatan dari produksi kentang dalam pertahunnya yaitu jumlah produksi rata-rata 21,633 kg pertahun. Hasil tingkat pendapatan usahatani kentang di Desa Sumber Baranatas Kecamatan Bumiaji Kota Batu didapatkan pendapatan bersih petani kentang sebesar Rp 43.626.400.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 19 Mar 2016 03:01
Last Modified: 19 Mar 2016 03:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20500

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo