UMM Institutional Repository

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PERAN PENDIDIKAN DALAM PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DI DESA LOLOAN TIMUR KABUPATEN JEMBRANA BALI

Tolak, Totok (2016) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PERAN PENDIDIKAN DALAM PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DI DESA LOLOAN TIMUR KABUPATEN JEMBRANA BALI. Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tolaktotok-42462-1-pedahulu-n.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tolaktotok-42462-2-babi.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

Pendidikan pada hakikatnya merupakan serangkaian kegiatan komunikasi antara manusia dewasa dengan si anak didik secara tatap muka atau dengan menggunakan media dalam rangka memberikan dukungan terhadap perkembangan anak seutuhnya. Tidak dapat dipungkiri pendidikan memiliki peran strategis dan vital bagi kelangsungan suatu bangsa. Pendidikan yang kehilangan pijakan akan tergilas oleh perubahan yang sedang terjadi. Pendidikan harus mampu menciptakan dan menghadapi perubahan, baik itu pada perubahan yang mengangkut nilai-nilai sosial, pola-pola perilaku, organisasi, lembaga kemasyarakatan, lapisan dalam masyarakat, maupun berkaitan dengan kekuasaan dan wewenang (politik). Pendidikan justru harus mampu menjadi agen perubahan, bukan menjadi korban perubahan. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif. Di mana peneliti terjun langsung untuk menggali informasi terkait dengan judul penelitian. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informan yang perlu digali informasinya adaah kepala Desa dan sampel dari tokoh masyarakat. Kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Teknik keabsahan data dengan tringulasi sumber, teknik dan analisis data dengan analisis interaksi yang langkah-langkahnya mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan yaitu: (1) pendidikan memberi dampak besar bagi Desa Loloan Timur karena dengan pendidikan yang saat ini mulai maju masyarakat Loloan sudah banyak mengalami perubahan dari sektor sosial budaya maupun ekonomi yang dulunya banyak masyarakat Loloan dikalangan remaja masih “buta huruf”, menikah usia mudah, lingkungan kumuh, gaptek terhadap teknologi saat ini dengan berkembangnya Pendidikan Desa Loloan mulai berkembang dan maju, (2) hambatan dari pelaksanaanya berasal dari masyarakat itu sendiri yang masih banyak acuh tak acuh dan beranggapan bahwasanya pendidikan bukan jaminan untuk masa depan seseorang, (3) solusi dalam mengatasi hambatan yang ada tersebut adalah dengan cara revitalisasi peran dan pentingnya pendidikan oleh pemerintah atau lembaga kepada masyarakat melalui sosialisasi sehingga dari sebagian masyarakat yang masih acuh tak acuh terhadap pendidikan dapat memahami secara keseluruhan terhadap pendidikan itu sendiri.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education
Depositing User: Bakhtiar Effendi
Date Deposited: 02 Mar 2016 04:16
Last Modified: 02 Mar 2016 04:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20453

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo