UMM Institutional Repository

PAJAK PENGHASILAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN PENERAPANNYA SECARA YURIDIS NORMATIF DI INDONESIA

Candra, De (2005) PAJAK PENGHASILAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN PENERAPANNYA SECARA YURIDIS NORMATIF DI INDONESIA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-decandra99-5842-PENDAHUL-N.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Pajak Penghasilan adalah suatu kewajiban yang bersifat horizontal dan zakat adalah hubungan antara Tuhan dan manusia (vertikal). Hubungan antara zakat dan pajak ini membawa kita kepada kepedulian sosial,dan mempunyai tujuan yang sama. Hanya Subyek perintahnya saja yang berbeda, kemudian apabila dua hal ini dipadukan apakah nantinya membawa kita kepada pengaturan yang kontradiktif?. Diperbedakannya dari kewajiban moril maupun kewajiban hukum, tetapi hubungan antara Tuhan dan manusia, membawa juga kewajiban kewajiban untuk menuruti kehendak Tuhan, karena itu agama meliputi lapangan yang lebih luas daripada semata mata hubungan antara Tuhan dan manusia. Sebab itu, dalam usaha untuk mempertemukan kedua dalam satu pengaturan dicoba untuk mengkomparasikan keduanya dengan menggunakan metode diskriptif analitif yang diharapkan mampu menghasilkan pemikiran yang bermanfaat. Di dalam penelitian ini, penulis mencoba mengangkat tema "Pajak Penghasilan Dalam Perspektif Hukum Islam Dan Penerapannya Secara Yuridis Normatif di Indonesia". Yang didalamnya membahas Pajak Penghasilan berdasarkan sudut pandang hukum positif dan hukum Islam, serta membahas mengenai dua kewajiban yang ada pada muslim Indonesia atau yang sering kita kenal dengan istilah double duties. Dalam pembahasan double duties inilah yang sering diperdebatkan, berbagai macam pendapat dipaparkan berharap bias mengungkapkan permasalahan double duties dan diharapkan bisa menjadi wacana bagi yang membutuhkannya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan pajak penghasilan setelah ditelaah dari sudut ajaran Islam mempunyai kemiripan, oleh karena itu sudah selayaknya perpektif hukum Islam tersebut dapat ditampung dalam hukum yang berlaku di Indonesia. Dan adalah wajib bagi orang Islam, manakala negara dan agama sudah menetapkan hukumnya,untuk mentaati keduanya. Oleh karena dirasa masih ada ketidak adilan dalam peraturannya, penulis menghimbau agar segala peraturan yang ada sekarang untuk di tinjau kembali, hal ini di maksudkan untuk menghindari rasa kecemburuan sosial dan mencapai peraturan yang benarbenar adil sehingga di harapkan munculnya kesadaran bagi umat Islam Indonesia untuk taa terhadap apa yang diatur oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Twinning Program
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 18 Feb 2016 04:28
Last Modified: 18 Feb 2016 04:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20359

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo