UMM Institutional Repository

PERLINDUNGAN KONSUMEN(Studi Perbandingan Antara Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999dengan Fikih Islam

Baya, Diana Anita (2005) PERLINDUNGAN KONSUMEN(Studi Perbandingan Antara Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999dengan Fikih Islam. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-dianaanita-4634-PENDAHUL-N.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Pembangunan khususnya pembangunan perekonomian di bidang perindustrian dan perdagangan telah membawa manfaat bagi konsumen, Hal ini mempermudah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan produk barang dan jasa. Kondisi demikian telah memberi banyak manfaat bagi konsumen. Namun di sisi lain konsumen menjadi obyek aktifitas bisnis para pelaku usaha yang mengharapkan keuntugan secara besar-besaran melalui promosi maupun penjualan yang seringkali merugikan konsumen, Karena posisi konsumen yang lemah maka ia harus dilindungi oleh hukum. Adanya kepastian hukum mengenai perlindungna konsumen telah dibuktikan dengan diundangkannya undang-undang no.8 thn 1999, tentang perlindungan konsumen. Di dalam Fikih Islam juga terdapat aturan mengenai perlindungan konsumen di atas, namun kedua aturan tersebut terdapat persamaan dan perbedaan yang mana peneliti tertarik untuk meneliti dan menganalisanya lebih dalam. Maka dari itu, penulis mengangkat rumusan masalah yang nantinya akan menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini, adapun rumusan masalah yang penulis angkat adalah: (1) Bagaimana perlindungan konsumen dalam Undang-Undang No 8 Tahun 1999, (2) Bagaimana Perlindungan konsumen dalam Fiqh Islam, dan (3) Bagaimana persamaan dan perbedaan perlindungan konsumen dalam Undang-Undang No 8 Tahun 1999 dan Perlindungan konsumen dalam Fiqh Islam Dalam rangka memecahkan permasalahan yang ada, penulis menggunakan metode pendekatan yuridis normative dimana dalam penelitian ini yang diteliti hanya berupa bahan pustaka (library research), yaitu dengan jalan membaca buku-buku, majalah, surat kabar serta karya ilmiah lainnya yang ada hubungannya dengan perlindungan konsumen baik menurut undang-undang no. 8 thn 1999 dan perlindungan konsumen dalam fiqh Islam. Kemudian data-data tersebut dianalia dengan menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Dengan menggambarkan atau mendeskripsikan secara menyeluruh bagaimana konsep perlindungan konsumen dalam Undang-Undang no. 8 tahun 1999 dan bagaimana konsep perlindungan konsumen dalam kajian Fiqh Islam, kemudian dilakukan perbandingan, apakah di dalam konsep perlindungan konsumen dalam Undang-Undang no. 8 tahun 1999 sesuai dalam kajian perlindungan konsumen dalam Fiqh Islam. Dari hasil penelitian tersebut Perlindungan konsumen dalam Undang-Undang Nomor. 8 tahun 1999 adalah untuk melindungi konsumen dari kepastian hukum dan mengangkat harkat kehidupan konsumen, pemberdayaan konsumen serta menumbuhkan kesadaran pelaku usaha mengenai pentingnya perlindungan konsumen, sehingga tumbuh sikap jujur dan bertanggung jawab dalam dunia usaha. Perlindungan konsumen dalam Fikih Islam adalah untuk melindungi konsumen dari tindakan pelaku usaha yang sering merugikan kepentingan konsumen dan untuk menghindarkan segala kezaliman terhadap kedua belah pihak (konsumen dan pelaku usaha) dalam dunia usaha. Hakekat perlindungan konsumen dalam UUPK maupun Fikih Islam, memiliki tujuan yang sama untuk melindungi konsumen. namun di dalam fikih Islam tidak terbatas mengatur mengenai hal-hal yang bersifat keadilan yang tidak merugikan antar kedua belah pihak (pelaku usaha dan konsumen), tetapi dalam Fikih Islam pengaturan perlindungan konsumen lebih mengandung nilai-nalai keislaman yang natinya akan membawa kemaslahatan baik dunia maupun akhirat. namun di dalam UUPK mengenai perlindungan konsumen hanya terbatas pada kedua belah pihak (pelaku usaha dan konsumen) tidak saling dirugikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Twinning Program
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 18 Feb 2016 04:21
Last Modified: 18 Feb 2016 04:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20357

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo