UMM Institutional Repository

KAJIAN TERHADAP SISTEM PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT SYARIAH BUMI RINJANI BATU

NARULITA, CITRA (2005) KAJIAN TERHADAP SISTEM PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT SYARIAH BUMI RINJANI BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-citranarul-5885-PENDAHUL-N.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Namun, dalam kehidupan perekonomian umat Islam berada dalam posisi minoritas. Hal ini disebabkan selain menyangkut etos kerja umat Islam, juga berkaitan erat dengan pemahaman kegiatan ekonomi. Banyak kalangan umat Islam menilai atau memahami persoalan ekonomi sebagai persoalan dunia yang lepas dari persoalan agama. Langkah perubahan perekonomian umat Islam Indonesia segera harus dimulai dengan pemahaman bahwa kegiatan ekonomi dalam pandangan Islam merupakan tuntutan kehidupan dan anjuran yang berdimensi ibadah. Rasulullah SAW mengemukakan (termasuk kebutuhan orang tua, istri, dan anaknya) adalah orang yang berusaha karena Allah. Selain itu juga ditegaskan bahwa dunia ini adalah ladang atau kebun (tempat mencari bekal dan mempersiapkan diri) untuk kehidupan di akhirat kelak. Dunia perbankan adalah salah satu komponen yang penting dalam pembangunan perekonomian bangsa. Bank memberikan berbagai kemungkinan dalam lalu lintas ekonomi terutama dalam pengembangan usaha baik bagi pengusaha besar maupun kecil. Setelah dikeluarkannya Undang-Undang No.7 Tahun 1992 tentang Perbankan, yang kemudian diubah untuk pertama kalinya dengan Undang-Undang No.10 Tahun 1998, kelembagaan perbankan mengalami perubahan lebih sederhana dibandingkan dengan sebelumnya. Jenis bank hanya dibagi atas Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat. Baik Bank Umum maupun Bank Perkreditan Rakyat dapat menjalankan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah (bagi hasil).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Twinning Program
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 18 Feb 2016 04:07
Last Modified: 18 Feb 2016 04:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20352

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo