UMM Institutional Repository

KORELASI ANTARA UU NO. 15 TAHUN 2003 TENTANG PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA TERORISME DENGAN KONSEP JIHAD

SYARIFUDDIN, AHMAD (2005) KORELASI ANTARA UU NO. 15 TAHUN 2003 TENTANG PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA TERORISME DENGAN KONSEP JIHAD. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-ahmadsyari-2947-Pendahul-n.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Istilah "jihad" merupakan salah satu konsep Islam yang paling sering disalahfahami dan sering dihubungkan orang, khususnya dikalangan para ahli dan pengamat Barat dengan istilah terorisme karena jihad identik dengan peperangan, sebagai contoh misalnya pasca tragedi WTC maupun Bali yang sebagian besar pelakunya adalah dari kalangan Muslim yang mengatasnamakan jihad, sehingga opini yang muncul adalah bahwa jihad dalam pengertian perang adalah perbuatan terorisme sampai akhirnya pemerintah tidak segan-segan mengeluarkan Perpu yang kemudian disahkan menjadi UU No. 15 Tahun 2003 tentang pemberantasan tindak pidana terorisme. Berdasarkan alasan diatas, maka penulis mempunyai permasalahan apakah ada korelasi anta konsep jihad dengan UU tersebut menurut Pasal 6 UU No. 15 Tahun 2003. Tujuannya adalah ingin mengetahui secara jelas tentang korelasi antara jihad dalam pengertian perang dengan terorisme sehingga tidak terjadi kesalahan dalam menafsirkan keduanya. Dalam penulisan Tugas Akhir ini metode yang penulis gunakan adalah kajian pustaka yaitu kajian yang sumber datanya diperoleh berdasarkan literatur kepustakaan. Dan setelah meneliti baik pengertian jihad maupun terorisme, maka hasil yang diperoleh adalah bahawa jihad (dalam pengertian perang) tidaklah bisa disamaartikan dengan terorisme dan tidak mempunyai korelasi antara keduanya, mengingat terorisme lebih merujuk pada aksi kekerasan yang tidak mempedulikan aturan hukum dan moral yang ada dalam masyarakat maupun agama. Sedangkan berjihad yang tujuannya ingin menjalankan nahi munkar namun mempunyai dugaan yang kuat jika nahi munkar yang dilaksanakan akan berdampak buruk seperti pembunuhan, kerusakan maupun pencemaran nama baik, maka pelaksaan nahi munkar seperti jihad menajadi tidak wajib seperti yang dikatakan Ibnu Qudamah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
K Law > K Law (General)
Divisions: Twinning Program
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 18 Feb 2016 03:44
Last Modified: 18 Feb 2016 03:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20343

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo