UMM Institutional Repository

Penegakan Hukum bagi warga negara asing pemegang izin tinggal terbatas

Ningsih, Sri Putri (2007) Penegakan Hukum bagi warga negara asing pemegang izin tinggal terbatas. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2007-sriputrini-8713-PENDAHUL-N.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Setiap orang asing yang berada di Wilayah Indonesia wajib memiliki Izin Keimigrasia, adapun Izin yang dimaksud adalah Izin Singgah, Izin Kunjungan, Izin Tinggal Tetap dan Izin Tinggal Terbatas. Izin Tinggal Terbatas diberikan kepada orang asing yang memenuhi persyaratan -persyaratan keimigrasian dan mengajukan permohonan tinggal untuk jangka waktu yang terbatas.dalam rangka pengawasan orang asing yang mempunyai kewenangan untuk mengawasi orang asing dalam hal ini Polri bersama Imigrasi, pengawasan orang asing tidak hanya saat mereka masuk tetapi selama mereka berada di Wilayah Indonesia termasuk kegiataannya.Yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah orang asing pemegang KITAS sudah menggunakan visa sesuai prosedur?serta usaha apa yang dilakukan pihak Imigrasi dalam menanggulangi pelanggaran? Sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif analisis, hasil penelitian yang menggambarkan obyek secara jelas, mengenai bentuk serta factor-faktor yang mendorong terjadinya pelanggaran visa, kemudian mengkaji permasalahan yang timbul dan selanjutnya akan menghasilkan kesimpulan, sehingga diharapkan antara data yang satu dengan yang lain bisa saling menunjang dengan tujuan mendapatkan jawaban permasalahan yang telah dikemukan. Dari hasil penelitian,orang asing pemegang KITAS yang melanggar peraturan perundang-undangan keimigrasian terdapat 18 warga asing, 10 di karantina dan 8 di vonis deportasi, dalam penggunaannya sudah sesuai dengan prosedur,adapun terjadi pelanggaran visa oleh orang asing disebabkan beberapa hal yakni factor kesengajaan dan kurangnya pemahaman orang asing dalam pemahaman hukum. Adapun factor lain yang mendorong orang asing melakukan pelanggaran yaitu: mencari lapangan kerja yang enak, mendapatkan hidup yang enak,.bentuk pelanggaran visa yang dilakukan orang asing di wilayah Malang pada umumnya dikenakan pasal 51,52 dan 53 UU keimigrasian Tahun 1992 tentang Tidak melakukan wajib melapor kepada yang berwenang, melebihi batas waktu tinggal, tidak sanggup membayar biaya beban. Dalam rangka menjalankan tugas keimigrasian tidak selamanya menemui kelancaran dalam melaksanakan fungsi pengawasan di lapangan. Pihak imigrasi menemui beberapa kendala ataupun kurangnya jumlah personil, sedikitnya dana operasional. Memang tidak ada larangan bagi orang asing untuk bekerja di Indonesia akan tetapi untuk dapat bekerja ada beberapa peraturan atau ketentuan yang berlaku. Orang asing dapat bekerja di Indonesia harus memenuhi persyaratan : ada ijin kerja, mempunyai visa berdiam sementara dan pengurusnya dilakukan oleh depnaker atas persetujuan dari menteri tenaga kerja. Dalam pelaksanaan pengawasan orang asing Polresta Malang sendiri memiliki tugas yang sangat penting dakam ikut melakukan pengawasan terhadap orang asing dalam kapasitasnya sebagai apapun mulai orang asing berada di Indonesia dan pulang kembali ke negaranya, Fokus utama pengawasan adalah pada saat orang asing berada di Indonesia dengan segala aktifitasnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 23 Dec 2015 02:37
Last Modified: 23 Dec 2015 02:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/20020

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo