UMM Institutional Repository

PELAKSANAAN PEMBERIAN JAMINAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA BAGI TENAGA KERJA WANITA DI PERUSAHAAN ROKOK (Studi di P.R. HF PRIMA dan P.R. KARYA TIMUR Malang)

HAKIM, ZAKIYUDIN (2005) PELAKSANAAN PEMBERIAN JAMINAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA BAGI TENAGA KERJA WANITA DI PERUSAHAAN ROKOK (Studi di P.R. HF PRIMA dan P.R. KARYA TIMUR Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-zakiyudinh-4679-PENDAHUL-N.pdf

Download (646kB) | Preview

Abstract

Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berkembang tentunya sedang melakukan pembangunan disegala bidang, pelaksanaan pembangunan ini terlihat dengan banyaknya gedung dan pabrik yang berdiri. Tenaga kerja merupakan faktor penting dalam keberhasilan pembangunan, jumlah tenaga kerja di Indonesia dalam beberapa tahun ini mengalami peningkatan yang tajam, terutama pada tenaga kerja trampil. Tenaga kerja banyak terserap ke perusahaan-perusahaan baik dalam dan luar negeri, tenaga kerja perempuan sebagai bagian dari tenaga kerja, dewasa ini mengalami peningkatan. Peningkatan jumlah tenaga kerja perempuan di pengaruhi oleh persamaan hak dalam mendapat pekerjaan dan bekerja. Tenaga kerja perempuan tersebar kesemua bidang pekerjaan, baik sebagai buruh maupun pekerja kantoran. Dari sekian banyak bidang pekerjaan, tenaga kerja perempuan lebih banyak terserap pada bidang pekerjaan non skill, yakni hanya sebagai buruh perusahaan. Perusahaan rokok menjadi salah satu tempat tenaga kerja atau buruh perempuan terserap. Banyaknya tenaga kerja wanita yang menjadi buruh menjadi pertimbangan pemerintah agar tenaga kerja wanita tidak mendapatkan diskriminasi maupun bentuk lainnya, karena selama ini buruh menjadi pihak yang selalu dirugikan oleh kebijakan pengusaha. Tujuan penelitian ini, untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan hak-hak wanita di perusahaan-perusahaan, terutama perusahaan rokok yang berskala kecil, karena dimungkinkan dalam perusahaan yang berskala kecil pelaksanaan pemberian hak-hak tenaga kerja perempuan dan perlindungan bagi tenaga kerja diabaikan. Metode yang dipakai dalam penulisan ini menggunakan metode deskriptif analitis. Sehingga data yang di peroleh adalah data yang mengambarkan keadaan dilapangan. Hal ini agar didapatkan gambaran jelas bagaimana keadaan yang terjadi dilapangan yang sebenarnya. Melalui penelitian, didapat hasil, bahwa untuk pelaksanaan pemberian hak-hak bagi tenaga kerja wanita terlaksana, akan tetapi perusahaan tidak memberikan atau memasukkan para tenaga kerjanya ke program yang telah di atur oleh pemerintah, program seperti jaminan kesehatan dan keselamatan kerja di perusahaan rokok berskala kecil temyata tidak terlaksana dengan baik, perusahaan rokok yang berskala kecil hanya mengikutkan tenaga kerja kepada jaminan hari tua. Dari hasil penelitian yang didapat, dapat diambil kesimpulan bahwa tenaga kerja, terutama tenaga kerja wanita di pemsahaan rokok yang berskala kecil kurang mendapatjaminan kesehatan dan keselamatan kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 17 Dec 2015 03:44
Last Modified: 21 Dec 2015 02:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19982

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo