UMM Institutional Repository

TINJAUAN YURIDIS SOSIOLOGIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TENAGA KERJA INDONESIA (Studi tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia Pasca Berlakunya Undang-Undang No 39 Tahun 2004 Tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri )

ARIYANI, NAILI (2005) TINJAUAN YURIDIS SOSIOLOGIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP TENAGA KERJA INDONESIA (Studi tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia Pasca Berlakunya Undang-Undang No 39 Tahun 2004 Tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-nailiariya-4680-PENDAHUL-N.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Persoalan buruh migran dewasa ini menjadi salah satu persoalan dunia yang senantiasa mendapat perhatian publik. Oleh masyarakat Internasional, buruh migran dianggap sebagai entitas sosial yang dalam sejarah kemanusiaan senantiasa mengahadapi tantangan rasialisme, perbudakan, diskriminasi, dan bentuk-bentuk intoleransi lainnya. Pengiriman Tenaga kerja Indonesia ke Luar Negeri merupakan salah satu alternatif memberikan kesempatan kerja yang tidak tersedia di dalam negeri sehingga akan mengurangi angka pengangguran. Dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Di Luar Negeri sebagai payung hukum yang memberikan perlindungan terhadap Tenaga Kerja Indonesia, setidak-tidaknya mengurangi perdebatan banyak pihak mengenai persoalan ketidakpastian hukum. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana undang-undang No 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri bisa memberikan perlindungan terhadap Tenaga Kerja Indonesia dan untuk mengetahui bagaimanakah peranan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Malaysia, dalam upaya perlindungan terhadap Tenaga Kerja Indonesia. Metode pendekatan yang digunakan dalam kajian ini adalah pendekatan Diskriptif Kualitatif Analisis, yaitu menggambarkan atau memaparkan secara jelas kondisi atau kenyataan lapangan yang selanjutnya disimpulkan dalam suatu uraian dengan menghubungkan data yang diperoleh dengan teori dan peraturan yang ada, sehingga dapat ditarik suatu. Melalui penelitian yang sangat mendalam, penelitian ini memperoleh hasil, bahwa keberadaan Undang-undang No 39 Tahun 2004 belum memberikan kontribusi positif bagi perbaikan sistem ketenagakerjaan di Indonesia, khususnya persoalan penempatan dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia. Kedutaan Besar Republik Indonesia sebagai wakil pemerintah Republik Indonesia di Malaysia juga belum melaksanakan perannya secara maksimal untuk memberikan perlindungan kepada Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di Malaysia. Kesimpulan yang dapat diambil oleh penulis dari hasil penelitian ini adalah keberadaan undang-undang No 39 Tahun 2004 Tentang Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Di Luar Negeri tidak diikuti dengan peningkatkan kualitas aparat pelaksana dan kesadaran masyarakat, sehingga impelementasi dari undang-undang tersebut jauh dari apa yang kita harapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 17 Dec 2015 03:42
Last Modified: 21 Dec 2015 02:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19981

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo