UMM Institutional Repository

PERANAN KEPALA DESA SEBAGAI LEMBAGA ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA DALAM MENYELESAIKAN KASUS PERDATA (Studi di Desa Pakijangan Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan)

INDRA B, ADHY CATUR (2005) PERANAN KEPALA DESA SEBAGAI LEMBAGA ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA DALAM MENYELESAIKAN KASUS PERDATA (Studi di Desa Pakijangan Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Obyek studi dalam penelitian ini adalah mengenai peranan Kepala Desa sebagai Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa dalam menyelesaikan kasus perdata. Peranan ini dirasakan cukup penting, mengingat masyarakat sudah menggunakan metode Alternatif Penyelesaian Sengketa untuk menyelesaikan setiap persoalan hukum dalam rangka mengurangi banyaknya kasus yang masuk ke Pengadilan. Oleh karena itu dalam penelitian ini dapat dirumuskan masalah yaitu, bagaimanakah peranan Kepala Desa sebagai Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa, faktor- faktor yang mendukung dan menghambat serta metode penyelesaian yang digunakan dalam menyelesaiakan kasus perdata di desanya ? Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Kepala Desa sebagai Lembaga Alternatif Pemyelesaian Sengketa, faktor - faktor yang mendukung dan yang menghambat peranan tersebut serta untuk mengetahui metode alternatif penyelesaian sengketa yang digunakan Kepala Desa untuk menyelesaikan kasus perdata yang dihadapinya. Untuk membahas dilakukan penelitian dengan lokasi di Desa Pakijangan Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan dengan responden seorang Kepala Desa yang pernah menyelesaikan kasus perdata yang ada di desanya. Dalam menganalisa data dari permasalahan yang dibahas, dipergunakan kajian dan analisa data secara deskripsi analitis. Adapun teknik pengambilan sampling menggunakan teknik purposive sampling. Dari hasil penelitian memang menunjukkan bahwa Kepala Desa selain memegang peranan sebagai kepala pemerintahan tertinggi yang ada di desa, juga memiliki wewenang sebagai Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa dalam hal ini sebagai Hakim Perdamaian Desa. Cara atau metode penyelesaian yang digunakan adalah dengan menggunakan cara Mediasi. Dimana Kepala Desa hanya berperan sebagai seorang mediator yang memfasilitasi para pihak yang bersengketa untuk mencari jalan keluar yang terbaik. Bertitik tolak dari seluruh analisis dan pembahasan dalam penulisan skripsi ini, maka dapat disimpulkan bahwa meskipun Kepla Desa memiliki peranan sebagai Hakim Perdamaian Desa, namun masih belum didukung oleh Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang ada, baik masyarakatnya maupun Kepala Desanya sendiri. Sehingga perlu segera dilakukan langkah - langkah untuk peningkatan SDM tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 17 Dec 2015 03:18
Last Modified: 17 Dec 2015 03:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19973

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo