UMM Institutional Repository

PERAN BAGIAN HUKUM PERSEROAN TERBATAS " PT AJINOMOTO INDONESIA " DALAM PELAKSANAAN JAMINAN SOSIAL TENAGA KERJA (Studi di PT Ajinomoto Indonesia Mojokerto Factory)

RAHMAWATI, NUZULY (2005) PERAN BAGIAN HUKUM PERSEROAN TERBATAS " PT AJINOMOTO INDONESIA " DALAM PELAKSANAAN JAMINAN SOSIAL TENAGA KERJA (Studi di PT Ajinomoto Indonesia Mojokerto Factory). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Obyek studi dalam penelitian ini adalah mengenai Peran Bagian Hukum dalam pelaksanaan Jamsostek terhadap tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja.Dimana peran Bagian Hukum dalam pelaksanaan Jamsostek terhadap tenaga kerja sangat penting, agar terpenuhinya semua hak-hak yang menjadi milik tenaga kerja. Berbagai literatur, telah menggambarkan bahwa Jamsostek bersifat wajib diikuti oleh semua perusahaan. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi hak setiap tenaga kerja dari adanya resiko sosial yang diakibatkan karena melakukan hubungan kerja. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan ketentuan-ketentuan tentang Jamsostek, peran Bagian Hukum dan kendala apa saja yang dihadapi oleh Bagian Hukum di PT Ajinomoto Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah metode Yuridis Sosiologis, sehingga data yang diperoleh adalah data yang menggambarkan bagaimana peraturan-peraturan tentang Jamsostek dilakukan dan bagaimana pelaksanaanya terhadap tenaga kerja di PT Ajinomoto Indonesia Melalui penelitian ini, penulis mendapatkan hasil bahwa pelaksanaan ketentuan tentang Jamsostek telah dilaksanakan dan dengan adanya peran Bagian Hukum yang telah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, tersedianya poliklinik dan bagian medis, sehingga kecelakaan kerja yang terjadi dapat segera ditangani. Tenaga kerja yang meninggal dunia bukan akibat kerja berhak mendapatkan santunan kematian dan biaya pemakaman, sedangkan jaminan hari tua yang diterima oleh tenaga kerja ditanggung bersama-sama degan perusahaan. Dalam pelaksanaan ketentuan-ketentuan tentang Jamsostek di PT Ajinomoto Indonesia tidak lepas dari Undang-Undang No 3 Tahun 1992. Dan Bagian Hukum PT Ajinomoto Indonesia sebagai satu bagian dari perusahaan sangat berperan dalam membantu penyelesaian terhadap tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja,sehingga tenaga kerja dapat bekerja dengan tenang tanpa ada rasa khawatir terhadap resiko kerja yang terjadi. Kendala Bagian Hukum banyak terjadi saat pengajuan klaim ke PT jamsostek dikarenakan persyaratan yang diajukan masih belum memenuhi syarat prosedur pengajuan klaim. Secara demikian, maka dapat disimpulkan, bahwa Peran Bagian Hukum PT Ajinomoto Indonesia sangatlah penting dalam melaksanakan perlindungan terhadap tenaga kerja sesuai dengan ketentuan Undang-Undang No 3 Tahun 1992. Dengan demikian penulis menyarankan kepada Disnakertrans, untuk lebih meningkatkan pengawasannya kepada PT Jamsostek dalam menghitung besarnya biaya jaminan kecelakaan kerja. PT Ajinomoto Indonesia, agar lebih meeningkatkan masalah keamanan dan mengganti peralatan yang dapat mengakibatkan kecelakaan kerja didalam perusahaan. Bagian Hukum, dituntut untuk lebih proaktif didalam menangani masalah kecelakaan kerja dan tenaga kerja, agar lebih hati-hati dalam menjalankan tugasnya,sehingga dapat meningkatkan produktifitas dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 17 Dec 2015 03:13
Last Modified: 17 Dec 2015 03:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19971

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo