UMM Institutional Repository

KINERJA POLRI DALAM MENINDAKLANJUTI LAPORAN MASYARAKAT TENTANG TINDAK PIDANA PERJUDIAN (STUDI DI POLRES BATU)

Kurniawan, Cahyadi Agung (2005) KINERJA POLRI DALAM MENINDAKLANJUTI LAPORAN MASYARAKAT TENTANG TINDAK PIDANA PERJUDIAN (STUDI DI POLRES BATU). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas tentang kinerja Polri dalam menindak lanjuti laporan masyarakat tentang tindak pidana perjudian. Hal ini dilatar belakangi oleh semakin merebaknya tindak pidana perjudinan khususnya di wilayah hukum Polres Batu. Hal ini disebabkan karena masyarakat merasa bahwa perjudian bukanlah sesuatu yang melanggar hukum melainkan sebuah kebiasaan yang sudah membudaya. Walaupun didalam KUHP pasal 303 sudah di jelaskan jenis, unsur dan sanksi-sanksinya. Adapun permasalahan dari penelitian adalah bagaimana kinerja Polri dalam menindak lanjuti laporan masyarakat tentang tindak puidana perjudian serta faktor pendukung dan penghambat kinerja Polri dalam menindak lanjuti laporan masyarakat tentang tindak pidana perjudian. Sedangkan manfaat penelitian secara teoritis adalah dapat memberikan sumbangan pemikiran mengenai akinerja Polri dan dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan hukum klhususnya mengenai kinerja Polri dalam menindak lanjuti laporan masyarakat tentang tindaka pidana perjudian, dan juga bisa memberikan informasi tentang kinerja Polri. Selain itu bagi Polri sendiri juga dapaat menambah wawasan dan menjadi pedoman dalam menjalankan tugasnya sebagai penegak hukum. Sedangkan metode penelitian yang di gunakan adalah metode yuridis empirik, serta penentuan lokasi di wilayah Polres Batu. Adapun sumber data terdiri dari data primer yang berasal dari Reskrim dan data skunder dari studi kepustakaan, sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan Kasat Reskrim, Tokoh Masyarakat dan Agama. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan bahwa kinerja Polri dalam menindak lanjuti laporan masyarakat tentang tindak pidana perjudian khususnya di Wilayah Batu sudah bagus dan sudah sesuai dengan UU No 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara RI. Fakta pendukung dan penghambat selalu ada walaupun tidak begitu berpengaruh terhadap kinerja Polri khususnya di wilayah hukum Polres Batu, hal ini bisa dilihat dari keberhasilan Polri dalam menuntaskan kasus perjudian selama kurun waktu satu tahun terakhir ini. Menyikapi fakta-fakta diatas, maka dalam pelaksanaan tugas dan kinerja Polri di perlukan kerjasama antara masyarakat dan instansi yang terkait.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 17 Dec 2015 03:02
Last Modified: 17 Dec 2015 03:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19967

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo