UMM Institutional Repository

TINJAUAN YURIDIS TERHADAP KETENTUAN PASAL 310 AYAT 1-3 KUHP NEGARA INDONESIA DENGAN PASAL 499 KUHP NEGARA MALAYSIA TENTANG "PENCEMARAN NAMA BAIK". (Sebuah Studi Perbandingan)

ABDILLAH, ABDILLAH (2005) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP KETENTUAN PASAL 310 AYAT 1-3 KUHP NEGARA INDONESIA DENGAN PASAL 499 KUHP NEGARA MALAYSIA TENTANG "PENCEMARAN NAMA BAIK". (Sebuah Studi Perbandingan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Objek studi dalam penelitian ini adalah: mengenai ketentuan Pasal 310 Ayat 1 (satu), 2 (dua), dan 3 (tiga) KUHP Negara Indonesia dengan Pasal 499 KUHP Negara Malaysia yang mengatur tentang "Pencemaran Nama Baik". Adapun penelitian ini, termasuk dalam penelitian normatif, yang akan meneliti dan membahas beberapa permasalahan, antara lain; aspek ruang lingkup perbuatannya, aspek pelaku, aspek sanksi, perbedaan dan persamaan dari rumusan unsur tindak pidana "Pencemaran Nama Baik". Tujuan penelitian ini, penulis berusaha membuka suatu wacana tentang salah satu dari problematika kehidupan yang hidup di lingkungan masyarakat, yaitu: tentang "Pencemaran Nama Baik". Hal tersebut di atas, sesungguhnya adalah mengenai gejala sosial yang tidak semestinya dilakukan. Sekalipun, dalam kenyataannya, masih terus hidup di masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini, penulis membagi dalam beberapa metode penelitian, antara lain; Pertama, Pendekatan, yaitu: comparative approach. Kedua, Jenis atau Bahan Hukum, yaitu: data sekunder atau kepustakaan. Ketiga, Teknik Penulisan Bahan Hukum, sebagai berikut: mengumpulkan, membedakan, dan merangkum. Keempat, Analisa Data, yaitu: bersifat content analiysis. Hasil penelitian, adapun dalam hal ini, penulis mendapatkan beberapa hasil, antara lain; Pertama, Aspek Ruang Lingkup Perbuatannya, sebagai berikut: Di Negara Indonesia, yaitu: smaad dan smaadscrift. Sedangkan, di Negara Malaysia, yaitu: libel dan slander. Kedua, Aspek Pelaku, sebagai berikut: Di Negara Indonesia, yaitu: sebagaimana dimaksud dalam ketentuan pasal 55 (lima puluh lima) KUHP. Sedangkan, di Negara Malaysia, yaitu: pasal 10 (sepuluh) KUHP tentang pria dan wanita, pasal 11 (sebelas) KUHP tentang orang, yang terdiri dari; Perusahaan, Perkumpulan, dan Sekelompok orang, baik bergabung atau tidak. Ketiga, Aspek Sanksi, Di Negara Indonesia, yaitu: ayat 1 (satu) adalah: 9 (sembilan) bulan atau denda empat ribu lima ratus rupiah, ayat 2 (dua) adalah: 4 (empat) bulan atau denda empat ribu lima ratus rupiah, ayat 3 (tiga) adalah: pengecualian. Sedangkan, di Negara Malaysia, yaitu: tidak lebih dari 2 (dua) tahun atau denda yang ditentukan kemudian. Keempat, Perbedaan dan Persamaan dari Rumusan Unsur Tindak Pidana "Pencemaran Nama Baik" adalah: tercantum dalam halaman 83-93 dari penulisan skripsi ini. Dengan demikian, penulis mendapatkan kesimpulan, bahwasannya: tentang "Pencemaran Nama Baik" merupakan suatu hal yang sangat penting bagi Negara Indonesia dan Negara Malaysia. Adapun hal tersebut di atas, secara terperinci telah dijelaskan dalam hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 17 Dec 2015 02:59
Last Modified: 17 Dec 2015 02:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19965

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo