UMM Institutional Repository

KAJIAN YURIDIS PADA PERJANJIAN LETTER OF CREDIT FIKTIF (Studi Kasus Letter of Credit Fiktif Bank BNI Cabang Kebayoran Baru Jakarta)

INDARAWAN, JUSRI (2005) KAJIAN YURIDIS PADA PERJANJIAN LETTER OF CREDIT FIKTIF (Studi Kasus Letter of Credit Fiktif Bank BNI Cabang Kebayoran Baru Jakarta). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan Letter of Credit dalam transaksi perdagangan internasional merupakan alternatif pembayaran yang paling aman dalam kegiatan ekspor impor, efektif dan efisien. Para pelaku usaha internasional memilih L/C sebagai alternatif pembayaran didasarkan atas jaminan yang diberikan oleh bank atas kepastian terhadap pembayaran maupun pengiriman barang oleh para pihak dalam kontrak ekspor-impor tersebut. Apabila masyarakat sebagai pelaku usaha internasional yang ingin menggunakan pasilitas L/C sebagai sarana pembayaran dalam transaksi ekspor-impor, maka mereka harus mengajukan permohonan pembukaan L/C kebank devisa berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak (eksportir-importir). Penulisan ini mengkaji aspek hukum terhadap penyelenggaraan L/C fiktif dan aspek hukum yang timbul dari tindakan penyitaan terhadap aset-aset para pelaku pembobolan bank BNI dengan melalui L/C fiktif, dengan tujuan untuk mengetahui aspek hukum yang timbul dalam menyelenggarakan L/C fiktif serta aspek hukum yang timbul dari penyitaan terhadap aset-aset para pelaku penyalahgunaan L/C. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah kajian normatif yang artinya pembahasan didasarkan pada peraturan perUndang-undangan yang berlaku dengan menghubungkanya dengan kasus yang terjadi. Berdasarkan penelitian pada kasus yang terjadi, maka dapat diketahui aspek hukum yang timbul dalam penyelenggaraan L/C fiktif didasarkan pada beberapa ketentuan yang berlaku yang meliputi ketentuan-ketentuan dalam hukum perdata sebagai tindakan melawan hukum yang merugikan bagi pihak lain dan ketentuan-ketentuan hukum pidana guna memenuhi rasa keadilan dalam masyarakat karena telah terpenuhinya unsur-unsur tindak pidana dalam kasus tersebut. Aspek hukum dalam penyitaan terhadap aset-aset para pelaku pembobol bank BNI dengan melalui L/C fiktif tersebut adalah didasarkan pada beberapa ketentuan hukum perdata sebagai upaya penyelamatan dan pengembalian serta upaya ganti rugi yang timbul akibat perbuatan para pelaku tersebut, disamping itu juga berdasarkan ketentuan dari berbagai hukum pidana sebagai upaya penegakan hukum dan pemenuhan terhadap rasa keadilan dalam masyarakat dimana penyitaan dilakukan guna kepentingan pembuktian dalam penyidikan dan peradilan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 17 Dec 2015 02:16
Last Modified: 17 Dec 2015 02:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19946

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo