UMM Institutional Repository

PENYELESAIAN TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN DI LUAR PENGADILAN (NON-PENAL) OLEH POLRI (Studi Kasus di Polsek Paciran, Lamongan)

ARIFIANSYAH, JOHAN (2005) PENYELESAIAN TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN DI LUAR PENGADILAN (NON-PENAL) OLEH POLRI (Studi Kasus di Polsek Paciran, Lamongan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan kekerasan dan tindak penganiayaan, penyelesaian secara non-penal (di luar pengadilan) oleh Polri adalah obyek dalam penelitian ini, pihak Polri memberikan penyelesaian secara non-penal, untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan misalnya ada rasa dendam atau tidak puas salah satu pihak apabila ditempuh melalui jalur penal(pengadilan). Berdasarkan hal inilah, penulis melakukan penelitian di Kepolisian wilayah Paciran atas tindak penganiayaan yang diselesaikan secara non-penal oleh Polsek Paciran, dengan mengangkat permasalahan yang antara lain adalah : yang menjadi dasar hukum dan alasan Polri dalam mengambil tindakan penyelesaian non-penal (di luar pengadilan). Dari hasil penelitian yang didapatkan, penulis mencantumkan 3 posisi kasus untuk menggambarkan penganiayaan yang terjadi, menjelaskan tentang dasar hukum, bagaimana proses yang dilakukan Polri dalam penyelesaiannya, dan bagaimana kekuatan hukum terhadap penyelesaian tindak pidana penganiayaan tersebut. Di bagian kesimpulan penulis menekankan bahwa terhadap penyelesaian tindak pidana penganiayaan ini dapatlah diselesaikan dengan menggunakan sarana non-penal (di luar pengadilan). Penulis juga menghimbau pada aparat Polri untuk bersikap pro aktif dalam menangani dan memberikan penyelesaian terhadap tindak pidana penganiayaan, selain itu juga penulis menghimbau pada masyarakat untuk lebih mengetahui hukum lebih dalam dan mengurangi perilaku dan kebiasaan yang bisa melukai atau menimbulkan rasa sakit pada orang lain, maka diperlukan adanya penyuluhan tentang hukum, dan peran serta dari warga masyarakat, Kepala Desa dan tokoh masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 17 Dec 2015 02:15
Last Modified: 17 Dec 2015 02:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19945

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo