UMM Institutional Repository

PELAKSANAAN ASAS CEPAT, SEDERHANA, DAN BIAYA RINGAN DALAM PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENGEDARAN UANG KERTAS PALSU (Studi di Porlesta Malang)

YUNIWANTO, IMAM (2005) PELAKSANAAN ASAS CEPAT, SEDERHANA, DAN BIAYA RINGAN DALAM PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENGEDARAN UANG KERTAS PALSU (Studi di Porlesta Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagaimana diketahui masalah penegakan hukum dan keadilan adalah merupakan suatu ilmiah dan bukan hanya sekedar berdasarkan perasaan belaka. Maka dalam sistem peradilan pidana khususnya dalam perkara yang menyangkut uang kertas palsu, dengan bantuan orang ahli keberadaannya semakin jelas. Di dalam kaitannya dengan sistem peradilan pidana maka keterlibatan orang ahli dalam laboratorium forensik di Surabaya, khususnya terletak pada daya bukti memberikan penilaian secara ilmiah atau takti dan teknik dalam pembuatan uang kertas yang asli. Bahwa penulisan ini dilakukan dengan pendekatan Socio Legal (Yuridis Sosiologis), yaitu pendekatan yang didasarkan pada ketentuan undang-undang atau sumber-sumber lain. Berdasarkan hal ini penulis mempunyai 2 tujuan yang pertama adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan asas cepat, sederhana, dan biaya ringan dalam penyidikan tindak pidana pengedaran uang kertas palsu. Dan yang kedua adalah untuk mengetahui dampak apa yang diperoleh penyidik dalam pelaksanaan asas cepat, sederhana, dan biaya ringan untuk melakukan proses penyidikan tindak pidana pengedaran uang kertas palsu. Dari hasil penelitian yang didapatkan penulis bahwa: teknik-teknik dan cara-cara tertentu yang dipelajari, yang kita inginkan dalam usaha penegakkan hukum ini, khususnya para penegak hukum adalah lebih meningkatkan kualitasnya, lebih meningkatkan bobot mutu dan kadarnya dengan cara teknik dan metode-metode tersendiri. Dengan demikian pelaksanaan asas cepat, sederhana, dan biaya ringan dalam penyidikan tindak pidana uang kertas palsu sebagai alat untuk membantu / memudahkan kerja penyidik dalam proses pemeriksaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 17 Dec 2015 02:13
Last Modified: 17 Dec 2015 02:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19944

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo