UMM Institutional Repository

PIDANA KERJA SOSIAL DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PEMIDANAAN

Pertiwi, Ika Sari Sium (2005) PIDANA KERJA SOSIAL DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PEMIDANAAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Obyek studi dalam penelitian ini adalah mengenai Pidana Kerja Sosial dan Relevansinya Dengan Tujuan Pemidanaan. Pidana Kerja Sosial merupakan jenis pidana dimana pelaksanaannya berupa menjalankan pekerjaan-pekerjaan sosial diluar lembaga pemidanaan. Konsep Pidana Kerja Sosial ini pada awalnya berkembang di negara-negara Eropa. Indonesia sebagai salah satu negara yang mengadopsi Pidana Kerja Sosial dalam sistim hukum pidananya dimaksudkan untuk melakukan pembaharuan hukum pidana agar lebih sesuai dengan falsafah pemidanaan yang sekarang dianut yaitu falsafah "pembinaan" (treatment philosophy). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana relevansi antara pidana kerja sosial dengan tujuan pemidanaan dan sebagai tindak lanjut terhadap permasalahan tersebut adalah untuk mengetahui bagaimana prospek pidana kerja sosial sebagai alternatif pidana perampasan kemerdekaan dalam hukum pidana di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah metode deskriptif analitis kualitatif dimana segala data dan informasi yang diperoleh dijabarkan, diinterprestasikan dan disusun secara logis serta sistematis sehingga didapat suatu analisa yang menggambarkan bagaimana relevansi pidana kerja sosial dengan tujuan pemidanaan dan bagaimana prospek pidana kerja sosial sebagai alternatif pidana perampasan kemerdekaan dalam hukum pidana di Indonesia. Melalui penelitian yang sangat mendalam dan sangat teliti, analisis ini mendapatka hasil bahwa pidana kerja sosial "sangat relevan" dengan tujuan pemidanaan. Dengan falsafah "pembinaan" (treatment philosophy) maka pidana hakikatnya diorientasikan pada tujuan "pembinaan" terhadap pelaku, sehingga alternatif pidana kerja sosial yang bertujuan untuk readaptasi sosial dan resosialisasi terpidana diarahkan pada perlindungan terhadap individu dan perlindungan terhadap masyarakat. Dengan adanya relevansi antara pidana kerja sosial dengan tujuan pemidanaan tersebut maka peluang diterapkannya pidana kerja sosial sebagai alternatif pidana perampasan kemerdekaan (jangka pendek) sangat besar. Asumsi ini berdasarkan data statistik kriminal bahwa pidana perampasan kemerdekaan jangka pendek merupakan jenis pidana yang paling sering dijatuhkan oleh hakim (87,04%) jika pidana kerja sosial diorientasikan sebagai alternatif pidana perampasan kemerdekaan jangka pendek maka besarnya prosentase hakim dalam menjatuhkan vonis pidana perampasan kemerdekaan akan memberikan kesempatan bagi pidana kerja sosial untuk semakin besar diterapkan. Secara demikian, maka dapat disimpulkan bahwa pidana kerja sosial sangat relevan dengan tujuan pemidanaan yang mengarah pada falsafah "pembinaan narapidana" sehingga pidana kerja sosial mempunyai prospek yang besar untuk dijadikan alternatif bagi pidana perampasan kemerdekaan jangka pendek.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 17 Dec 2015 02:08
Last Modified: 17 Dec 2015 02:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19942

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo