UMM Institutional Repository

TANGGUNG JAWAB PENANGGUNG TERHADAP KLAIM ASURANSI KEBAKARAN SEBELUM POLIS DITANDATANGANI (Studi di PT Asuransi Jasindo Malang)

N, R. ANDRIYANTO (2005) TANGGUNG JAWAB PENANGGUNG TERHADAP KLAIM ASURANSI KEBAKARAN SEBELUM POLIS DITANDATANGANI (Studi di PT Asuransi Jasindo Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Obyek studi dalam penelitian ini adalah mengenai pelaksanaan tanggung jawab penanggung terhadap klaim asuransi kebakaran yang terjadi sebelum polis ditandatangani dan diterima penanggung. Dalam hal ini terkadang timbul kesulitan di dalam membuktikan apakah telah terjadi kesepakatan perjanjian asuransi saat polis belum diserahkan kepada tertanggung. Berbagai kasus kebakaran yang sering terjadi pada umumnya pada saat polis sudah ditandatangani dan diterima tertanggung. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana tanggung jawab penanggung terhadap klaim asuransi kebakaran yang diajukan tertanggung pada saat polis belum ditandatangani penanggung. Selain itu juga ialah tentang bagaimana upaya penyelesaian terhadap klaim yang diajukan tertanggung kepada penanggung. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini ialah deskriptif kualitatif, sehingga data yang diperoleh ialah data yang menggambarkan bagaimana bentuk tanggung jawab penanggung dalam menghadapi klaim yang diajukan tertanggung ketika terjadi evenemen yang menimpa obyek pertanggungan sebelum polisnya diterima tertanggung. Melalui penelitian yang teliti, didapatkan hasil bahwa penanggung tetap bertanggung jawab mengganti kerugian yang diderita tertanggung akibat evenemen yang terjadi, sekalipun polisnya belum diterima tertanggung. Hal ini dikarenakan telah terjadi kesepakatan antara para pihak, yang dibuktikan dengan adanya beberapa bukti permulaan tertulis dan surat perjanjian yang ada. Adapun tangung jawab penanggung ini hanya terbatas pada kerugian atau kerusakan pada harta benda dan atau kepentingan yang secara langsung disebabkan oleh kebakaran api, ledakan dan asap. Penanggung tidak bertanggung jawab apabila kerugian dan kerusakan tersebut disebabkan oleh kesalahan tertanggung sendiri dan atau cacat dengan sendirinya. Penanggung mengganti kerugian dengan cara membayar sejumlah uang kepada tertangung sesuai rekomendasi yang dikeluarkan juru taksir dan melalui beberapa pertimbangan. Penanggung tidak mengganti kerugian dengan cara membangun atau memperbaiki kembali bangunan yang terbakar dengan alasan situasi perekonomian yang tidak menetu yang berdampak pada perubahan harga bahan bangunan. Penaksiran besarnya kerugian diserahkan kepada adjuster berdasarkan kesepakatan antara penggung dengan tertanggung, dimana adjuster tersebut ditunjuk dan dibayar oleh penganggung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sekalipun polis belum diterima tertanggung, lalu terjadi peristiwa yang merugikan kepentingan tertanggung, maka penanggung tetap bertanggung jawab mengganti kerugian materiil yang diderita tertanggung. Hal ini dikarenakan telah adanya bukti permulaan tertulis yang menjadi dasar kesepakatan para pihak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 17 Dec 2015 02:03
Last Modified: 17 Dec 2015 02:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19940

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo