UMM Institutional Repository

TANGGUNG JAWAB PENGANGKUT KERETA API TERHADAP KETERLAMBATAN WAKTU KEDATANGAN PADA PENGANGKUTAN PENUMPANG KERETA API KELAS EKSEKUTIF BERDASARKAN UU. NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi di PT. Kereta Api (Persero) Daop VIII Surabaya Gubeng)

ADHI, GREATA SAPTOTO (2005) TANGGUNG JAWAB PENGANGKUT KERETA API TERHADAP KETERLAMBATAN WAKTU KEDATANGAN PADA PENGANGKUTAN PENUMPANG KERETA API KELAS EKSEKUTIF BERDASARKAN UU. NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi di PT. Kereta Api (Persero) Daop VIII Surabaya Gubeng). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-greatasapt-5551-PENDAHUL-N.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Perkembangan sarana transportasi kereta api di Indonesia kian hari kian berkembang, salah satunya dengan munculnya kereta api kelas eksekutif yang memberikan fasilitas yang istimewa. Namun dibalik fasilitas yang diberikan, masih dijumpai pula kekurangan disana-sini. Salah satunya adalah keterlambatan waktu kedatangan Kereta di tempat tujuan. Hal tersebut terjadi hampir tiap hari dan hampir pada semua jenis kereta api. Pada pengangkutan kereta kalas eksekutif pengangkut semestinya memberikan pelayanan dan jaminan yang lebih untuk penumpangnya termasuk apabila terjadi keterlambatan, karena pada pengangkutan kereta api eksekutif, penumpang sudah mengeluarkan ongkos pengangkutan yang lebih mahal dibandingkan dengan alat transportasi darat lain. Obyek yang dikaji oleh penulis adalah tanggung jawab pihak pengangkut pada angkutan penumpang dengan kereta api kelas eksekutif, apabila dalam pelaksanaan pengangkutan mengalami keterlambatan kedatangan di stasiun tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang tanggung jawab dari pihak pengangkut pada angkutan penumpang kereta api kelas eksekutif, apabila dalam pengangkutan mengalami keterlambatan. serta untuk mengetahui tindakan yang dilakukan oleh pengangkut apabila ada komplain dari penumpang akibat terjadinya hal tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua metode, yakni Studi lapangan yang mencakup wawancara, dokumentasi, dan studi leteratur. Serta metode analisa data penulisan menggunakan metode Deskriptif kualitatif. Dalam pengangkutan penumpang dengan Kereta Api Kelas Eksekutif, terjadinya pengangkutan bersifat konsensuil artinya untuk terjadinya perjanjian pengangkutan cukup bila telah ada persetujuan kehendak (konsesus) antara pengangkut dengan penumpang, dan sebagai bukti adanya perjanjian atau persetujuan kehendak antara pengangkut dan penumpang dibuktikan dengan adanya tiket atau karcis penumpang. Tanggung jawab pengangkut dalam hal keterlambatan pengangkutan penumpang kereta kelas eksekutif adalah; dengan pemberian makan secara cuma-cuma pada penumpang, apabila keterlambatan lebih dari enam jam serta untuk semua penyebab keterlambatan. Sedangkan untuk tindakan apabila ada komplain pihak pengangkut telah menyediakan tempat pengaduan yang dikelola oleh bagian humas. Dan untuk penumpang yang komplain akibat masalah tersebut, apabila memang terbukti penyebab keterlambatan akibat kesalahan dari pihak pengangkut, akan memperoleh ganti rugi berupa penggantian karcis yang sejenis secara cuma-cuma, yang mana untuk pembuktian akan dilakukan oleh pengangkut melalui bagian humas dibantu bagian PUSDALOPKA. Sedangkan untuk penyebab yang dikarenakan overmacht/force majeur pihak pengangkut hanya meminta maaf serta minta pengertian dari penumpang akibat hal tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 15 Dec 2015 04:52
Last Modified: 15 Dec 2015 04:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19932

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo