UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PASAL 88 UU NO. 13 TAHUN 2003 TENTANG PENGUPAHAN DALAM PERJANJIAN UPAH KERJA PENYIAR (BROADCASTER) RADIO (STUDY di RADIO PUSPITA FM MALANG)

FITRIYAH, FITA (2005) IMPLEMENTASI PASAL 88 UU NO. 13 TAHUN 2003 TENTANG PENGUPAHAN DALAM PERJANJIAN UPAH KERJA PENYIAR (BROADCASTER) RADIO (STUDY di RADIO PUSPITA FM MALANG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-fitafitriy-5553-PENDAHUL-N.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

media massa bermunculan, untuk memuaskan minat baca dan menambah wawasan masyarakat atas informasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan komunikasi. Media massa yang dibicarakan dalam bentuk komunikasi yang bersifat media massa, dapat dibedakan kedalam 2 (dua) golongan besar; Media Elektronik dan Media Massa. Media Elektronik dapat dibedakan lagi berdasarkan sifatnya yaitu Media Audio, seperti Radio, dan media visual seperti Televisi dan Film. Radio adalah salah satu bentuk media massa, yaitu media elektronik audio, yang mempunyai sifat personal atau pribadi, merupakan sarana imajinasi dan sangat fleksibel. Radio disebut sebagai sarana fleksibel karena radio mampu menuntut keikutsertaan aktif para pendengarnya dalam membentuk pengalaman tentang pandangan, perasaan, dan sensasi yang dibangun oleh media radio (Theater Of Mind). Obyek yang dikaji oleh penulis adalah Implementasi Pasal 88 UU No. 13 Tahun 2003 tentang pengupahan dalam perjanjian upah kerja penyiar (Broadcaster) radio, apabila dalam pelaksanaan perjanjian upah kerja penyiar (Broadcaster) radio mengalami ketidaksesuaian dalam sistem pengupahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah hak dan kewajiban antara penyiar (Broadcaster) radio Puspita FM Malang dengan PT. Radio Puspita Hutama Nusantara. Serta untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pengupahan terhadap penyiar (Broadcaster) radio di Radio Puspita FM Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan 5 (lima) metode yakni: Studi Lapangan yang mencakup Wawancara, Angket (Kuesioner), Studi Kepustakaan, Dokumentasi, Observasi, serta metode analisa data penulisan menggunakan Metode Deskritif Kualitatif. Dalam perjanjian upah kerja penyiar (Broadcaster) radio terjadinya perjanjian upah kerja yang bersifat konsensuil, artinya untuk terjadinya perjanjian upah cukup apabila ada persetujuan kehendak (konsensus) antara pemilik radio PT. Puspita Hutama Nusantara dengan Penyiar (Broadcaster) Radio Puspita FM Malang. Implementasi pasal 88 UU No. 13 tahun 2003 tentang pengupahan dalam perjanjian upah kerja penyiar (Broadcaster) radio adalah harus adanya kesesuaian dalam pemberian upah, terutama dalam pemberian upah untuk penyiar (Broadcaster) radio yang dalam masa percobaan dari pemilik Radio tersebut. Dan hak-hak penyiar (Broadcaster) radio terpenuhi sebagaimana mestinya. Meskipun sudah ada aturan yang mengatur upah kerja seorang Penyiar (Broadcaster) Radio tersebut. Dengan demikian maka dapat disimpulkan, bahwa sangat penting sekali seorang penyiar (Broadcaster) radio diberikan haknya dalam pemberian upah kerjanya, agar tidak merugikan orang lain. Dan pelaksanaannya pun harus sesuai dengan ketentuan Undang-undang yang berlaku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 15 Dec 2015 04:07
Last Modified: 15 Dec 2015 04:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19928

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo