UMM Institutional Repository

PROSES PELAKSANAAN PEMBERIAN GANTI RUGI PEMBEBASAN TANAH MASYARAKAT DESA ALAS TLOGO OLEH TNI-AL (Studi di Prokimal TNI-AL Grati-Pasuruan)

FIRDAUS, JAMILATUL (2005) PROSES PELAKSANAAN PEMBERIAN GANTI RUGI PEMBEBASAN TANAH MASYARAKAT DESA ALAS TLOGO OLEH TNI-AL (Studi di Prokimal TNI-AL Grati-Pasuruan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-jamilatulf-5552-PENDAHUL-N.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Obyek studi dalam penelitian ini adalah mengenai pelaksanaan pemberian ganti rugi pembebasan tanah masyarakat Alas Tlogo oleh TNI AL. pesatnya pembangunan diberbagai bidang mengharuskan adanya pembebasan tanah masyarakat, terutama masyarakat yang ada di pinggiran dan pedesaan. Namun dalam pembangunan tanah tersebut sering melanggar hak masyarakat sehingga sering terjadi konflik antara pihak masyarakat dan pihak yang memerlukan tanah. Tujuan penelitian ini untuk menelaah praktek yang dilakukan oleh TNI AL sebagai wakil dari pemerintahan dalam pelaksanaan pemberian ganti rugi pembebasan tanah untuk pembangunan Prokimal, serta mengetahui faktor yang menghambat proses pembebasan tanah dan masalah yang timbul setelah pembebasan tanah. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah metode yuridis sosiologis. Data yang diperoleh adalah keadaan yang sebenarnya yang terjadi dalam masyarakat sesuai norma yang dibuat dan diundangkan oleh pejabat yang berwenang. Melalui penelitian yang mendalam penelitian ini mendapatkan hasil bahwa pembebasan tanah masyarakat Alas Tlogo terjadi konflik baik pada saat berkangsung maupun setelah proses pembebasan tanah. Kekurangtegasan pihak TNI AL mengakibatkan masalah pembebasan tanah Prokimal menjadi berlarut tanpa ada penyelesaian. Maka dapat disimpulkan bahwa pembebasan tanah harus dilakukan dengan sebaik-baiknya agar tidak membuat masyarakat merasa menjadi korban dari pembangunan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 15 Dec 2015 04:05
Last Modified: 15 Dec 2015 04:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19927

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo