UMM Institutional Repository

UPAYA PENYELESAIAN TERHADAP DEBITUR YANG WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN SEWA BELI BARANG (Study PT. Columbia Cabang Malang)

SISWANTO, HERI (2005) UPAYA PENYELESAIAN TERHADAP DEBITUR YANG WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN SEWA BELI BARANG (Study PT. Columbia Cabang Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-herisiswan-3584-1.+PENDA-N.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Objek studi dalam penelitian ini adalah mengenai upaya penyelesaian terhadap debitur yang wanprestasi dalam perjanjian sewa beli barang. Dimana perjanjian sewa beli dilakukan karena dengan perjanjian tersebut masyarakat akan mudah mendapatkan barang yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk dapat menarik minat pemberian barang tertentu dengan cara memberikan kredit terhadap barang yang ditawarkan kepada masyarakat. Dalam perjanjian sewa beli, apabila angsuran terakhir belum dibayar lunas, maka hak milik masih berada pada pihak uang menyewakan. Ini merupakan jaminan bagi pihak yang menyewakan untuk menghindari bahwa sebelum harga barang dibayar lunas barang tersebut dipindahtangankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk wanprestasi yang ditimbulkan dalam perjanjian sewa beli barang pada PT. Columbia. Selain itu yang terpenting adalah bagaimana upaya penyelesaian yang dilakukan oleh PT. Columbia selaku pihak yang menyewakan dalam mengatasi pihak penyewa pembeli yang melakukan wanprestasi. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sehingga data yang diperoleh adalah data yang menggambarkan keadaan status fenomena permasalahan yang diteliti yaitu bagaimana upaya PT. Columbia selaku pihak yang menyewakan dalam penyelesaian debitur yang melakukan wanprestasi dalam perjanjian sewa beli barang. Melalui penelitian yang mendalam dan sangat teliti, penelitian ini mendapatkan hasil, bahwa pihak penyewa pembeli dikatakan wanprestasi didalam perjanjian sewa beli barang pada PT. Columbia dengan melakukan menunggak pembayaran, dirusaknya barang, barangnya dijual/digadaikan. Dalam perjanjian sewa beli pada PT. Columbia disebutkan bahwa dengan tidak dibayarnya angsuran sewa sesuai yang diatur dalam perjanjian maka dengan lewatnya waktu saja tanpa memerlukan teguran dari pihak PT. Columbia, maka pihak penyewa pembeli telah cukup bukti untuk dinyatakan wanprestasi. Pihak PT. Columbia memberi kebijaksanaan pada pihak penyewa pembeli untuk membayar angsuran itu selama 7 hari atau satu minggu, jika selama itu pihak penyewa pembeli belum juga melakukan pelunasan angsuran sewa maka pihak PT. Columbia akan memberikan surat teguran sebanyak 3 kali. Apabila surat teguran tersebut masih dihiraukan oleh pihak penyewa pembeli, kemudian pihak PT. Columbia akan menarik barang dengan membuat Surat Tugas Penarikan Barang (STPB) sampai penyewa pembeli bisa melunasi pembayaran angsuran sewa. Apabila terjadi barangnya dijual/digadaikan dan pihak penyewa pembeli tidak mampu melunasi pembayaran sewa, maka setelah diterimanya surat teguran yang ketiga kali oleh pihak penyewa pembeli maka perusahaan akan meminta barang pengganti untuk disita sampai pihak penyewa pembeli melunasi pembayarannya. Dengan demikian berarti bahwa apabila terjadi barangnya oleh pihak penyewa pembeli dirusak sehingga barangnya menjadi tidak utuh lagi atau mengalami kerusakan, maka pihak penyewa pembeli tetap berkewajiban membayar seluruh angsuran sewa yang belum dibayar lunas. Hasil kesimpulan dari penelitian, bahwa pada PT. Columbia sering terjadi wanprestasi yang dilakukan oleh pihak penyewa pembeli dikarenakan pihak penyewa pembeli tidak memenuhi prestasi yang bentuknya menunggak pembayaran uang angsuran, rusaknya barang sewa, barangnya dijual atau digadaikan ataupun dipindahtangankan. Serta penyelesaian permasalahan pada PT. Columbia apabila terjadi wanprestasi yang dilakukan oleh pihak penyewa pembeli maka pihak PT. Columbia akan menyelesaikan secara kekeluargaan tanpa menempuh jalur hukum, agar pihak penyewa pembeli memenuhi kewajibannya dengan sempurna sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Fitriana Kasiani
Date Deposited: 15 Dec 2015 03:59
Last Modified: 15 Dec 2015 03:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/19926

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo